BPBD Terjunkan Helikopter Bantu Padamkan Api di Sungai Pinyuh, Atasi Ancaman Karhutla Lahan Gambut

"Kita dari Polsek Sui Pinyuh saja ada 10 orang, dari Polres Mempawah 30 orang, belum lagi dari Kodim 1201/Mph, BPBD dan pemadam kebakaran," ujarnya.

BPBD Terjunkan Helikopter Bantu Padamkan Api di Sungai Pinyuh, Atasi Ancaman Karhutla Lahan Gambut
ISTIMEWA
Satu unit helikopter dari BPBD Provinsi Kalbar diterjunkan untuk memadamkan api karhutla di Desa Sungai Rasau, Selasa (16/7/2019) 

BPBD Terjunkan Helikopter Bantu Padamkan Api di Sungai Pinyuh, Atasi Ancaman Karhutla di Lahan Gambut

MEMPAWAH - Satu unit helikopter dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalbar diterjunkan dalam pemadaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) seluas lebih kurang 25 hektar di Desa Sungai Rasau, Kecamatan Sungai Pinyuh, Kabupaten Mempawah, Selasa (16/7/2019).

Dijumpai di lokasi, Kapolsek Sungai Pinyuh, AKP Sandhy WG Suawa mengatakan untuk kebakaran lahan gambut di Sungai Rasau pihaknya menerjunkan 10 orang dari Polsek dan dibantu 30 orang dari polres untuk bersama bergabung dengan tim pemadaman.

"Kita dari Polsek Sui Pinyuh saja ada 10 orang, dari Polres Mempawah 30 orang, belum lagi dari Kodim 1201/Mph, BPBD dan pemadam kebakaran," ujarnya.

Memasuki musim kemarau kata dia, kita lihat sudah ada lahan yang terbakar di Sungai Rasau, tapi sudah di kendalikan karena kita sigap bersama tim gabungan.

Baca: Puluhan Hektar Lahan Terbakar di Sungai Pinyuh, Petugas Kesulitan Padamkan Api

Baca: Upaya Keras Puluhan Tim Gabungan Padamkan Api Karhutla di Sungai Pinyuh Berbuah Hasil

AKP Sandhy mengatakan, dalam proses pemadaman itu sempat terkendala akses lokasi menuju titik api.

"Karena jalan menuju titik api cukup sulit, kita tidak bisa menggunakan mobil pemadam, hingga akhirnya menggunakan damkar mini, itupun tidak sampai ke titik utama," ujarnya.

Terpisah, anggota Sat Sabhara Polres Mempawah, Ipda Heriani mengatakan pihaknya sudah membantu pemadaman sesuai instruksi Kapolres dengan membawa satu unit damkar mini.

Dia mengatakan, kebakaran diperkirakan terjadi sejak pukul 14.00 WIB.

Baca: Polsek Sungai Pinyuh Undang Masyarakat Umum Ikuti Jalan Sehat dan Senam Bersama

Baca: Kapolres Mempawah: Purun, Sungai Pinyuh dan Mempawah Hilir Termasuk Daerah Rawan Pekat

"Karena lokasinya cukup jauh kedalam, kita berupaya semaksimal mungkin dengan menggunakan damkar mini, ternyata hanya sepertiga jalan yang bisa dilewati, sisanya tidak bisa lagi," ujarnya.

Seperti yang kita ketahui kata dia, akses jalan yang ada hanyalah jalan setapak dan hanya bisa dilalui sepeda, yang biasa digunakan masyarakat mengambil kayu cerocok.

"Lokasi kebakaran berada di sekitar Sungai Rasau dan Sungai Kepayang. Karena angin berhembus ke arah Anjungan Dalam, otomatis api bergeser ke arah sana," pungkasnya. 

Penulis: Ya'M Nurul Anshory
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved