Paparkan Daun Kraton di Kementeria Kesehatan, Ini Penjelasan Pj Sekda Kapuas Hulu

Pemerintah Daerah Kapuas Hulu telah membahas persoalan tanaman kratom bersama tim Kementerian Kesehatan, mencari solusi

Paparkan Daun Kraton di Kementeria Kesehatan, Ini Penjelasan Pj Sekda Kapuas Hulu
net
daun kratom 

Paparkan Daun Kraton di Kementeria Kesehatan, Ini Penjelasan Pj Sekda Kapuas Hulu

KAPUAS HULU - Pemerintah Daerah Kapuas Hulu telah membahas persoalan tanaman kratom bersama tim Kementerian Kesehatan, mencari solusi supaya tanaman tersebut tidak dilarang untuk dibudidayakan oleh masyarakat, karena daun kraton sudah menjadi sumber matapencarian masyarakat khususnya di Kabupaten Kapuas Hulu.

"Saya sudah paparkan kondisi masyarakat dan tanaman kratom ke Kementerian Kesehatan, yang sudah menjadi kebutuhan ekonomi masyarakat penganti karet," ujar Penjabat Sekretaris Daerah Kapuas Hulu, Sarbani kepada wartawan, Senin (15/7/2019).

Sarbani menjelaskan, dalam pertemuan itu melibatkan berbagai pihak terutama bidang ekonomi, lingkungan mau pun bidang kesehatan beberapa hari lalu di Solo.

"Masing-masing ketiga bidang itu telah dibahas bersama, baik itu dampak untuk ekonomi, lingkungan mau kesehatan, namun dalam pertemuan itu belum ada kesimpulan atas larangan," ucapnya.

Baca: Ketua IAD Ungkap Tujuan Dari Pelaksanaan Pasar Murah

Baca: Kejari Sambas Gelar Pasar Murah, Ratusan Warga Padati Kejari Sambas

Baca: Hadirnya PT Gemilang Berlian Indah Diharapkan Dapat Meningkatkan Layanan Mitshubisi

Sarbani menginformasikan, dalam waktu dekat pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan akan menurunkan tim untuk mengkaji tanaman kratom ke Kapuas Hulu. "Dalam pertemuan itu, pastinya sudah kami rekemondasi ke pemerintah pusat agar tanaman kratom tidak dilarang, karena menjadi tanaman yang memenuhi kebutuhan ekonomi masyarakat," ucapnya.

Menurutnya, jika pun pada akhirnya tanaman kratom dilarang tentu harus ada solusi, dan penggantinya agar masyarakat tetap bisa hidup memenuhi kebutuhan sehari - hari.

"Saya meminta masyarakat Kapuas Hulu tetap bersabar, dan berdoa agar perjuangan terkait tanaman kratom membuahkan hasil yang berpihak kepada masyarakat khususnya di wilayah Kapuas Hulu," ungkapnya

Penulis: Sahirul Hakim
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved