Meriahkan Pekan Gawai ke-VIII, DAD Sintang Gelar Lomba Sumpit

Memeriahkan Pekan Gawai Dayak ke-VIII Kabupaten Sintang tahun 2019, Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Sintang

Meriahkan Pekan Gawai ke-VIII, DAD Sintang Gelar Lomba Sumpit
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/WAHIDIN
Memeriahkan Pekan Gawai Dayak ke-VIII Kabupaten Sintang tahun 2019, Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Sintang menyelenggarakan Lomba Sumpit yang dilaksanakan di Betang Tampun Juah, Sabtu (13/7/2019) kemarin. (Istimewa) 

Meriahkan Pekan Gawai ke-VIII, DAD Sintang Gelar Lomba Sumpit

SINTANG - Memeriahkan Pekan Gawai Dayak ke-VIII Kabupaten Sintang tahun 2019, Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Sintang menyelenggarakan Lomba Sumpit yang dilaksanakan di Betang Tampun Juah, Sabtu (13/7/2019) kemarin.

Ketua Panitia Pekan Gawai Dayak Kabupaten Sintang yang ke VIII Tahun 2019, Yustinus menyampaikan agar netralitas tim juri dan paniti lomba menyumpit harus dipegang teguh.

“Supaya lomba ini betul-betul menghasilkan peserta yang memang layak menang karena yang juara pertama akan kita ikutkan ke gawai di Pontianak tahun depan. Dan biasanya diikutkan ke lomba internal menyumpit di level provinsi Kalimantan barat. Pengurus olahraga menyumpit tentu akan memantau kemampuan atlit menyumpit Sintang,” terang Yustinus.

Ketua Persatuan Olahraga Menyumpit Kabupaten Sintang, Suan Rumban mengharapkan agar seluruh peserta memperhatikan masalah arah angin.

Baca: RAMALAN ZODIAK Sehat Senin 15 Juli 2019, Jangan Takut Perubahan Libra, Gemini Siap Ambil Keputusan

Baca: Padatnya Kegiatan, Satgas TMMD Sintang Tetap Jaga Kebugaran

Baca: Sempat Misteri, Mayat Wanita Indekos di Singkawang Diduga Korban Pembunuhan! Polisi Ciduk Tersangka

“Siang hari ini angin kita rasakan cukup kuat sehingga tentu harus ada strategi dari setiap peserta supaya hasilnya baik. Saya juga berpesan agar seluruh peserta mentaati peraturan lomba menyumpit ini. Saran saya saat membidik sasaran agar tetap konsentrasi. Mental peserta harus siap. Santai saja dalam berlomba. Jangan anggap berat. Jangan terganggu dengan nilai tinggi dari peserta lain," terang Suan Rumban.

Wakil Ketua Pengurus Sumpit Matius Siong mengatakan dibandingkan tahun sebelumnya lomba sumpit pada pekan gawai dayak ke VIII antusias peserta sangat luar biasa, karena pada tahun ini lomba sumpit juga diikuti oleh peserta putri.

Siong menjelaskan lomba olahraga tradisional sumpit pekan gawai dayak ke VIII kabupaten Sintang diikuti 17 peserta perorangan putra, 4 peserta perorangan putri dan enam peserta beregu.

“Sistem penilaian pada lomba menyumpit yakni berdasarkan anak sumpit (damak) yang mengenai dan menancap pada lingkaran sasar yang telah ditentukan nilai sasar oleh panitia, dalam lomba sumpit ini panitia memberikan waktu 3 menit untuk peserta menyumpit dengan 10 damak yakni 5 damak berdiri dan 5 damak jongkok. Untuk putra jarak dari peserta ke sasaran adalah 30 meter sedangkan putrid hanya 20 meter. Kita siapkan empat jalur,” jelas Siong.

Siong menjelaskan Juara lomba sumpit pada Pekan Gawai Dayak ke VIII Kabupaten Sintang tahun 2019 kategori perseorangan Putra juara I di menangkan oleh Nikodemus utusan DAD Sungai Tebelian, juara II diraih Mamud utusan Kelam Permai, dan juara III Stepanus perwakilan DAD Kecamatan Dedai.

Halaman
12
Penulis: Wahidin
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved