Hindari Kesalahan Keuangan Ini Bagi Pengantin Baru

Setelah bertunangan, diskusilah dengan pasangan terkait jumlah tabungan saat ini, besaran utang saat ini, tagihan, atau kewajiban finansial lainnya

Hindari Kesalahan Keuangan Ini Bagi Pengantin Baru
Tribunnews.com
Ilustrasi Uang 

Hindari Kesalahan Keuangan Ini Bagi Pengantin Baru

PONTIANAK - Menikah sama dengan menggabungkan dua kehidupan yang berbeda, termasuk keuangan. Tapi, menggabungkan kondisi keuangan Anda dan pasangan tak selalu mudah dilakukan. Apalagi jika Anda merupakan pasangan pengantin baru yang masih melakukan penyesuaian.

Dikutip dari The Balance, banyak pasangan tidak melihat kondisi keuangan masing-masing ketika awal menjalin hubungan. Sehingga, ketika kedua kondisi keuangan digabungkan, ada banyak perbedaan pandangan dan emosi bisa memanas.

Oleh karena itu, setidaknya ada 5 kesalahan keuangan yang harus Anda dan pasangan hindari sebagai pengantin baru.

1. Tidak punya rencana keuangan jangka panjang

Ingat, penting bagi Anda dan pasangan untuk memiliki rencana keuangan jangka panjang. Ini termasuk tujuan pensiun, kepemilikan rumah, dan mulai membangun keluarga. Duduk bersama dan bicarakan tentang hal-hal ini sebaiknya sebelum menikah. Diskusikan tujuan-tujuan finansial Anda, linimasa yang Anda patok, anggaran, dan permasalahan-permasalahan yang Anda hadapi.

2. Tidak berdiskusi soal keuangan

Kesalahan finansial umum lainnya yang kerap dilakukan pengantin baru adalah 'buta finansial' ketika menikah. Maksudnya, Anda tak pernah berdiskusi dengan pasangan terkait tujuan finansial, penghasilan, atau utang Anda.

Setelah bertunangan, diskusilah dengan pasangan terkait jumlah tabungan saat ini, besaran utang saat ini, tagihan, atau kewajiban finansial lainnya yang Anda atau pasangan miliki. Informasi-informasi ini akan berguna ketika Anda menikah.

Yang terpenting, informasi ini akan sangat bermanfaat ketika nantinya keuangan Anda dan pasangan digabungkan di bawah payung pernikahan.

Baca: TRIBUNWIKI: UPT Bahasa Untan Akan Gelar English Proficiency Olympiad 2019, Daftarkan Dirimu Segera!

Baca: TRIBUNWIKI: UPT Bahasa Untan Akan Gelar English Proficiency Olympiad 2019, Daftarkan Dirimu Segera!

Baca: Jadwal Siaran Langsung Manny Pacquiao Vs Keith Thurman World Boxing Live Mola TV Mulai Jam 08.00

Halaman
12
Penulis: Mia Monica
Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved