Dinkes Ketapang Gelar Sosialisasi Stunting di Desa Muara Jekak Sandai

Dalam rangka penurunan Stunting di Kabupaten Ketapang tahun 2019, Dinas Kesehatan Ketapang melaksanakan sosialisasi Stunting

Dinkes Ketapang Gelar Sosialisasi Stunting di Desa Muara Jekak Sandai
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Sosialisasi Stunting di Desa Muara Jekak Sandai 

Dinkes Ketapang Gelar Sosialisasi Stunting di Desa Muara Jekak Sandai

KETAPANG - Dalam rangka penurunan Stunting di Kabupaten Ketapang tahun 2019, Dinas Kesehatan Ketapang melaksanakan sosialisasi Stunting pada pekerja perempuan di Desa Muara Jekak, Kecamatan Sandai, Senin (15/07/2019) pagi.

Kepala Dinas Kesehatan, Rustami melalui Kasi Penyehatan Lingkungan dan Kesehatan Kerja Dinas Kesehatan, Nuhdi Arfarisy menjelaskan, dilaksanakannya sosialisasi stunting di Muara Jekak dikarenakan menjadi satu diantara Desa fokus stunting di Kabupaten Ketapang.

"Di Ketapang ada 10 Desa fokus Stunting. Diantaranya Sukabangun, Sungai Kinjil, Batu Tajam, Mahawa, Serengkah Kanan, Ulak Medang, Muara Jekak, Alam Pakuan, Mekar Raya dan Rangga Intan. Kali ini dilakukan di Muara Jekak," jelas Nuhdy.

Nuhdy mengatakan, tujuan dilaksanakannya sosialisasi untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat, khususnya pekerja perempuan yang ada di Desa Muara Jekak.

Baca: DPRD Fokus Soroti Target Pendapatan Daerah Dalam Draf KUA PPAS 2020

Baca: Gerhana Bulan 2019 Jadi yang Terakhir, Ini Waktu Gerhana Bulan Selanjutnya Terlihat di Indonesia

Baca: Bisa Diandalkan! 5 Tanda Zodiak Ini Memiliki Panduan Moral yang Hebat

Dengan demikian, mereka akan mengetahui dan mengerti penyebab Stunting dan bagaimana cara penanggulangannya, baik dalam pemberian gizi yang baik, pola makan maupun tersedianya akses air minum dan sanitasi yang layak.

"Pada dasarnya Stunting disebabkan oleh multisektor, bukan hanya disektor kesehatan tapi juga ekonomi, pendidikan,sosial, adat dan budaya masyarakat," ungkapnya.

Selain itu, kegiatan sosialisasi dilakukan sebagai upaya untuk menurunkan angka Stunting di Kabupaten Ketapang. Karena, dikesempatan itu, ia berpesan khusus kepada pekerja perempuan selalu menjaga higienis dan sanitasi.

"Jaga higienis dan sanitasi, baik ketika berada dirumah maupun ketika berada ditempat kerja. Kemudian selalu mencuci tangan pakai sabun sebelum atau sesudah beraktivitas (kerja)," pesannya.

Penulis: Nur Imam Satria
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved