BMKG Stasiun Maritim Prediksi Tinggi Gelombang di Perairan Ketapang

Ia memaparkan jika melihat potensi cuaca dari prediksi tersebut dan mengingat kejadian kapal jenis tugboat yang tenggalam tentu sangat beresiko

BMKG Stasiun Maritim Prediksi Tinggi Gelombang di Perairan Ketapang
TRIBUN/FAU
Kapal sedang melintas di perairan laut Karimata, Kayong Utara, beberapa waktu lalu. Perairan ini memang dikenal memiliki ombak yang cukup besar, terlebih memasuki angin barat seperti saat ini. 

BMKG Stasiun Maritim Prediksi Tinggi Gelombang di Perairan Ketapang, Ingatkan Risiko Gelombang Tinggi

PONTIANAK - Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Pontianak Hernu Cahya Prawira menjelaskan prakiraan tinggi gelombang di perairan ketapang tergolong kategori menengah yakni pada kisaran 0.5 meter sampai 1.5 meter.

Selain itu, Berdasarkan kondisi synoptik, atau lebih luasnya, pola angin di indonesia sedang bertiup monsun Australia, atau biasa disebut angin timuran, sehingga hal ini merupakan dampak dari penjalaran gelombang tinggi yang terjadi di laut jawa.

Jika dilihat dari kondisi angin permukaan, daerah selat karimata hingga perairan ketapang mencapai 20knots, dan tinggi gelombang di perairan selatan Kalbar termasuk perairan ketapang diprediksi bisa mencapai 2 meter.

Baca: Berikut Nama-nama Crew Kapal Tugboat Yang Tenggelam di Perairan Ketapang

Baca: VIDEO: Penjelasan Kepala Basarnas Pontianak Terkait Kapal Tenggelam di Perairan Pesaguan

Berdasarkan peringatan dini gelombang tinggi yang direlease BMKG Pusat, tinggi gelombang di perairan kalimantan barat, termasuk laut natuna, selat karimata, dan tentunya perairan ketapang berada di kategori sedang (1,25 - 2,5 meter)

Ia memaparkan jika melihat potensi cuaca dari prediksi tersebut dan mengingat kejadian kapal jenis tugboat yang tenggalam tentu sangat beresiko untuk gelombang tinggi. 

Penulis: Hamdan Darsani
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved