Untan Masuk dalam Roadmaps Pemeringkatan Wolrd Class University

Prof Garuda mengaku walaupun pekerjaannya bukan pekerjaan yang mudah dan banyak yang harus dilakukan untuk mencapai pada tahap itu.

Untan Masuk dalam Roadmaps Pemeringkatan Wolrd Class University
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ DESTRIADI YUNAS JUMASANI
Gedung Baru Proyek Islamic Development Bank (IDB) Universitas Tanjungpura (Untan) yang diresmikan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Prof H Mohammad Nasir, Ph.D., Ak di Pontianak, Kalimantan Barat, Jumat (18/1/2019) siang. Pembangunan satu unit gedung tiga lantai untuk perpustakaan modern, satu unit gedung tiga lantai gedung serba guna, dua unit gedung kelas tiga lantai, dan satu unit laboratorium terpadu empat lantai ini dibiayai oleh Islamic Development Bank ini menelan dana hingga Rp 290 miliar. TRIBUN PONTIANAK/DESTRIADI YUNAS JUMASANI 

Untan Masuk dalam Roadmaps Pemeringkatan Wolrd Class University

PONTIANAK - Rektor Universitas Tanjungpura, Prof Garuda Wiko, mengatakan bahwa Untan sudah masuk dalam Roadmaps ( Peta jalan) untuk pemeringkatan World Class University .

Untan menjadi satu-satunya yang mewakili Kalbar di luar jawa yang masuk dalam Roadmaps.

Prof Garuda mengaku walaupun pekerjaannya bukan pekerjaan yang mudah dan banyak yang harus dilakukan untuk mencapai pada tahap itu.

"Jadi memang untuk mencapai world class university, kita diminta untuk sampai tahun 2024 bisa menembus peringkat 500 dunia. Tetapi target itu tentu kita terima sebagai tantangan," ujarnya kepada Tribun Pontianak.

Namun jika dapat mengejar seribu saja atau masuk 800an itu juga sudah sangat baik.

Baca: Prof Garuda Wiko Terus Dorong Pembentukan Prodi Baru Program Pascasarjana dan Doktoral

Baca: Mahasiswa Fakultas Teknik Untan Rancang Robot Skuter Berbasis IoT untuk Penyandang Tunadaksa

"Sebagai contoh kalau kita mau mengejar peringkat 800 sampai 5 tahun kedepan kita harus menambah 500 dosen dan dosen yang produktifitas dalam publikasi," ungkapnya.

Namun baginya Untan sudah masuk dalam roadmaps sudah menjadi kepercayaan dari Kemenristek Dikti dan akan diupayakan semaksimal mungkin.

"Alumni menjadi salah satu pilar perguruan tinggi dan kami selalu berharap banyak kepada alumni dengan selau memberikan sumbangsihnya untuj kemajuan Untan," ujarnya.

Baca: Raih IPK Nyaris Sempurna, Lianto Selesaikan Program Doktor di Untan

Untan masuk dalam roadmaps dan memasukan proposal bersama Universita lainnya seperti Unhas, IPB, dan ada dua Universitas lagi.

"ada 5 universitas yang mengejar pemeringkatan untuk world class university walaupun standarnya sangat ketat . Persyaratan yang dipenuhi terkait publikasi , rasio dosen dan fasilitas sebagainya dan kita sudah masuk program ini . kita akan usahan sebaik mungkin. Kalau kita bekerja keras mempersiapkan semua minimal kita bisa menaikan peringkat kita. Itu sudah sangat luar biasa ," pungkasnya.

Penulis: Anggita Putri
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved