Polres Mempawah Amankan Truk Bawa 300 Karung Kol, Bawang dan Kentang Diduga Ilegal

"Saat ini, truk beserta isi dan sopir yang sebelumnya kita amankan di Mapolres Mempawah sudah diserahkan ke karantina untuk penanganan lebih lanjut,"

Polres Mempawah Amankan Truk Bawa 300 Karung Kol, Bawang dan Kentang Diduga Ilegal
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ Ya'M NURUL ANSHORY
Kapolres Mempawah, AKBP Didik Dwi Santoso, saat diwawancara awak media. 

Polres Mempawah Amankan Truk Bawa 300 Karung Kol, Bawang dan Kentang Diduga Ilegal

MEMPAWAH - Kabupaten Mempawah menjadi jalur strategis perlintasan barang dari luar negeri seperti Malaysia dan negara tetangga lainnya, dikarenakan lokasi yang strategis menghubungkan dua Kabupaten perbatasan yakni Sambas dan Pontianak.

Terlebih lagi wilayah perairan di Kabupaten Mempawah, mulai dari Kecamatan Sungai Pinyuh sampai Sungai Kunyit, terhubung langsung dengan perairan Kota Singkawang dan Kabupaten Sambas.

Belum lagi jalur darat, yang mudah dilewati oleh kendaraan pengangkut barang terutama di malam hari.

Hal itu menjadi mudah bagi para pelaku penyelundupan untuk memasukkan barang ilegal, maupun membawa barang ilegal melewati Kabupaten Mempawah.

Baca: Nekat Bawa Sabu untuk Suami yang Ditahan di Polres Mempawah, Seorang Wanita Ditangkap

Baca: Polres Mempawah Komitmen Awasi Pekerja Asing di Kabupaten Mempawah

Beberapa waktu lalu Polres Mempawah juga berhasil mengungkap penyelundupan mobil sport, Nissan GTR Skyline RB26 yang bernilai tinggi dengan modus serupa.

Kali ini, Satuan Reskrim Kepolisian Resor Mempawah, mengamankan satu unit truk dengan nomor polisi KB 8823 lantaran membawa sembako dari luar negeri secara ilegal.

Truk yang dikemudikan oleh MS (40) membawa berbagai jenis sayuran dan telur ayam tanpa dokumen diamankan saat melintas di Jalan Raya Nusapati, Kecamatan Sungai Pinyuh, Kabupaten Mempawah, Kamis (11/7/2019) sekitar pukul 23.00 WIB.

Kapolres Mempawah, AKBP Didik menjelaskan, truk tersebut membawa 20 kerangjang sayur kol, 100 karung bawang bombai merek New Zealand Growers, 100 keranjang bambu berisikan bawang merah, 100 karung kentang, 1 karung bawang putih merek AAA diduga produk negara China, dan 150 ikat telur ayam.

Baca: BREAKING NEWS - Penyelundupan Mobil Mewah Malaysia-Indonesia Terbongkar, Ditutupi Pakan Ternak

Baca: Penyelundupan Mobil Mewah dari Malaysia, Tarif Sopir Truk Fantastis

"Saat ini, truk beserta isi dan sopir yang sebelumnya kita amankan di Mapolres Mempawah sudah diserahkan ke karantina untuk penanganan lebih lanjut," ujarnya.

Kapolres memastikan saat ini pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan, untuk memastikan dari mana asal sayuran ilegal tersebut dan akan dibawa kemana.

Penulis: Ya'M Nurul Anshory
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved