Pemkab Tingkatkan Penyuluhan Masalah Stunting

Setidaknya, memastikan perencanaan dan penganggaran untuk intervensi prioritas khusus

Pemkab Tingkatkan Penyuluhan Masalah Stunting
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/SAHIRUL HAKIM
Asisten III Setda Kabupaten Kapuas Hulu Muhammad Yusuf saat membuka acara lomba cerita anak. 

Pemkab Tingkatkan Penyuluhan Masalah Stunting

KAPUAS HULU - Menanggapi masalah stunting di Kabupaten Kapuas Hulu, Asisten III Setda Kabupaten Kapuas Hulu H. Muhammad Yusuf menyatakan kalau pihaknya sudah memerintahkan dinas terkait untuk segera menurunkan kasus stunting tersebut.

"Kami mengapresiasi sejumlah dinas terkait sudah mulai melakukan rapat atau pertemuan untuk membahas kasus stunting di Kabupaten Kapuas Hulu. Setidaknya, memastikan perencanaan dan penganggaran untuk intervensi prioritas khusus, sasaran penanganan stunting di Kapuas Hulu," ujarnya kepada wartawan, Sabtu (13/7/2019).

Menurutnya, untuk mempercepat penurunan kasus stunting di Kapuas Hulu, maka perlu pendekatan multi sektor. Dengan pola pencegahan yang dilakukan pada semua tingkatan.

"Kemudian dengan memperkuat koordinasi lintas OPD terkait, selain itu penangananya skala prioritas, karena keterbatasan anggaran, maka tidak semua wilayah bisa ditangani serentak," ucapnya.

Baca: Tekan Stunting, Ini Yang Dilakukan Pemkab Kapuas Hulu

Baca: Musim Kemarau Tiba, Polsek Entikong Siaga Karhutla

Dengan penanganan pada daerah yang dianggap prioritas daerah, diharapkan upaya penurunan stunting lebih efektif. "Mudahan akan ada terobosan kita bersama dalam menurunkan stunting. Kemudian tingkatkan penyuluhan kepada keluarga, terutama ibu ibu," ujarnya.

Yusuf juga mengingatkan bahwa, upaya penurunan stunting itu bukan hanya tugas satu instansi saja, namun lintas sektor.

"Misal bidang pendidikan, itu perlu motivasi melalui guru-guru PAUD, untuk menumbuhkan asupan gizi bagi anak. Kemudian ini juga sangat tergantung keluarga dan lingkungannya," ungkapnya.

Penulis: Sahirul Hakim
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved