TRIBUNWIKI

TRIBUNWIKI: 4 Hal yang Menjebak Pinjaman Online, Calon Peminjam Wajib Mengetahui Ini

kurangnya ilmu pengetahuan soal pinjaman online atau pinjaman online ini, banyak orang terjebak dengan jeratan utang yang menumpuk

TRIBUNWIKI: 4 Hal yang Menjebak Pinjaman Online, Calon Peminjam Wajib Mengetahui Ini
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
ilustrasi.NET 

TRIBUNWIKI: 4 Hal yang Menjebak Pinjaman Online, Calon Peminjam Wajib Mengetahui Ini

PONTIANAK - Canggihnya teknologi internet dan ponsel pintar ini dimanfaatkan pelaku bisnis dengan mambangun sebuah jasa pinjaman yang bisa dilakukan secara online atau biasa disebut juga p2p lending. Hal ini tentunya dapat membuat transaksi menjadi lebih praktis dan tidak perlu lagi bertemu langsung antara pemberi pinjaman dengan calon peminjam.

Tapi, karena kurangnya ilmu pengetahuan soal pinjaman online atau pinjaman online ini, banyak orang terjebak dengan jeratan utang yang menumpuk. Padahal dengan adanya pinjaman online ini bisa membantu perekonomian masyarakat untuk memenuhi kebutuhan yang tak terduga seperti pendidikan, usaha dan lainnya.

Dilansir dari Cermati.com berikut tips mengajukan pinjaman online agar tidak terjebak ke dalam jurang utang.

1. Mengajukan Banyak Pinjaman.

Pinjaman yang ditawarkan secara online biasanya ditawarkan mulai dari nominal ratusan ribu rupiah hingga ratusan juga rupiah. Penawaran pinjaman yang bisa diajukan dengan nominal yang relatif kecil ini, tanpa sadar akan membuat seseorang muncul keinginan untuk terus mengajukan banyak pinjol sekaligus dalam waktu yang berdekatan. Jika pinjaman sudah mulai menumpuk, peminjam baru akan sadar bahwa tagihan utang sudah melebihi nilai gaji per bulan mereka dan akhirnya tidak bisa membayar dan melunasi utangnya tersebut.

Tips: Hal ini bisa saja dihindari dengan cara yang bijak, yaitu sebelum melakukan pinjaman sebaiknya tentukan terlebih dahulu nominal pinjaman. Selain itu, pastikan juga lakukan pinajaman sesuai dengan kebutuhan saja.

Baca: Live Streaming Persela Vs Kalteng Putra, Nilmaizar Waspadai Tiga Pemain Kunci Termasuk Mantan Persib

Baca: Tiket Pesawat Citilink dan Lion Air Turun Harga Hari Ini, Ini Daftar Rutenya

Baca: Presiden ILC tvOne Bantah Cuti! Karni Ilyas: Banyak Menganggap Saya Penakut, Tapi Pengeritik Lupa. .

2. Bunga Pinjaman Terlalu Memberatkan.

Banyak pengguna jasa pinjaman online tidak sadar akan besarnya bunga yang dibebankan pada mereka. Kecilnya nominal uang yang dipinjam, membuat tagihan yang ada terlihat tidak terlalu besar. Tapi, jika dihitung dengan teliti, bunga pinjaman online yang diberikan lumayan besar. Belum lagi, waktu atau tenor pembayaran utang juga tidak panjang, yaitu hanya 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, hingga 12 bulan. Kedua hal ini tentunya membuat tagihan menjadi membengkak yang pada akhirnya membuat peminjam merasa kesulitan dalam membayar utangnya.

Tips: Jangan terburu-buru ketika ingin mengajukan pinjol. Alangkah baiknya, lakukan survei terlebih dahulu di beberapa platform pijol. Bandingkan bunga pinjaman dan tenor yang dipinjamkan. Pilihlah platform yang memberikan bunga pinjaman rendah tapi dengan tenor yang panjang.

Halaman
12
Penulis: Mia Monica
Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved