Citizen Reporter

Transaksi Ekonomi dalam Pelaksanaan Ibadah Haji

Mantan Kabag umum IAIN Pontianak itu menjelaskan, secara umum dalam pelaksanaan ibadah haji terdapat transaksi ekonomi yang luar biasa besarnya.

Transaksi Ekonomi dalam Pelaksanaan Ibadah Haji
ISTIMEWA
Kepala Bagian Tata Usaha (Kabag TU) Fakultas Syari'ah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, H Nuriahman, SE, M.Ag,

Transaksi Ekonomi dalam Pelaksanaan Ibadah Haji

Citizen Reporter
Tio Rizki Kurniawan

PONTIANAK - Kepala Bagian Tata Usaha (Kabag TU) Fakultas Syari'ah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, H Nuriahman, SE, M.Ag mengatakan, Jamaah Haji Indonesia kloter pertama sudah tiba di Madinaatul Munawwarah pada 6 Juli 2019 lalu.

Sebagaimana diketahui, sebagian besar orang Islam pasti menghendaki untuk menunaikan ibadah haji yang menjadi kewajibannya sebagai salah satu rukun Islam yang kelima.

Namun dalam mewujudkannya terdapat berbagai kondisi, ada yang mudah disebabkan memang sudah memupunyai perencanaan yang matang atau karena mendapatkan keberkahan yang tanpa disangka-sangka disebabkan prestasi atau keinginan pihak lain untuk menghajikannya.

"Namun kebanyakan untuk mewujudkan impian tersebut dilalui dengan berbagai usaha, dan ikhtiar bertahun-tahun," ujarnya, Kamis (11/7/2019).

Baca: Jelang Pemberangkatan Jemaah Haji Kalbar, Ini Persiapannya Menurut Mahmudah

Baca: Waktu Tunggu Keberangkatan Haji di Kayong Utara Hampir 10 Tahun, Wabup Effendi Imbau Jemaah

"Kendala yang dihadapi dalam melaksanakan ibadah haji saat ini bukan hanya semata-mata masalah finansial belaka namun juga disebabkan keterbatasan kuota yang diberikan pemerintah Arab Saudi," ungkapnya.

Dengan demikian kata Nuriahman, masyarakat yang baru mendaftarkan diri harus mengantri juga dalam waktu beberapa tahun kedepan.

"Artinya jika kita sudah memiliki ketersediaan danapun jika baru mendaftar pada saat sekarang maka dipastikan akan menunggu untuk beberapa tahun mendatang," katanya.

Oleh karenanya, menurut Nuriahman perlu perencanaan yang matang sebab antara penawaran dan permintaan terhadap pelaksanaan ibadah haji yang tidak berimbang.

Halaman
123
Penulis: M Wawan Gunawan
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved