Tribun Wiki

Nikmatnya Seduhan Kopi Juragan Asal Desa Punggur Berani Diadu

Tapi bagaimana dengan Kopi Punggur atau kopi juragan. Pasti masih terdengar asing di telinga masyarakat.

Nikmatnya Seduhan Kopi Juragan Asal Desa Punggur Berani Diadu
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Marpina Wulan
Ridwan saat meracik kopi Juragan di stan coffe juragan yang berada di halaman kantor Bupati Kubu Raya. 

Nikmatnya Seduhan Kopi Juragan Asal Desa Punggur Berani Diadu

KUBU RAYA - Bagi masyarakat Pontianak dan sekitarnya tentu sudah tidak asing lagi dengan langsat Punggur.

Tapi bagaimana dengan Kopi Punggur atau kopi juragan. Pasti masih terdengar asing di telinga masyarakat.

Berbeda dengan hal itu, bagi masyarakat desa Punggur, Kopi Punggur atau Kopi Juragan ini sudah terkenal di desa tersebut. Bubuk kopi ini merupakan hasil olahan biji kopi yang ditanam, diolah menjadi bubuk dan di jual kembali oleh  komunitas pemuda yang ada di desa tersebut.  Komunitas ini bernama Komunikasi Pemuda Membangun Desa (KPMD).

Ridwan, (19) satu diantara anggota KPMD, menjelaskan awal mula diproduksinya kopi Juragan ini karena para pemuda di desa Punggur melihat banyaknya hasil alam namun pemanfaatannya masih belum maksimal. sehingga muncullah ide untuk memproduksi bubuk kopi sendiri. Ide tersebut dicetuskan oleh Budiansyah, yang juga merupakan pemuda asli desa Punggur. 

Baca: Raih IPK Nyaris Sempurna, Lianto Selesaikan Program Doktor di Untan

Baca: Mitsubishi Motors Resmikan Dealer Kendaraan Penumpang Pertama di Singkawang dengan Layanan 3S

Baca: Klenteng Liu Pak Kung Kung Jadi Saksi Sejarah Perkembangan Siantan

 Dengan tujuan untuk mengembangkan  perekonomian masyarakat desa, dari pemanfaatkan hasil kekayaan alam yang ada. KPMD terus berkontribusi dan mengenalkan kopi Juragan kepada masyarakat luas.

Begitulah yang disampaikan Ridwan saat di temui di stan coffe juragan,di halaman kantor Bupati Kubu Raya. Kamis (11/07/2019)

Kopi Juragan ini ijual mulai dari harga Rp. 70 ribu perkilogram nya, bubuk kopi Juragan ini juga bisa di pesan dalam jumlah besar ataupun kecil. Namun untuk pemasarannya ke Supermarket atau yang lainnya memang belum dilakukan.

"Kita lagi nunggu surat ijinnya jadi. Kalau sudah jadi rencananya mau kita pasarkan di beberapa Supermarket dan kalau bisa di Transmart Kubu Raya juga," ujar Ridwan.

Namun jangan khawatir, bagi anda yang tertarik dengan kenikmatan kopi ini. Anda bisa mengunjungi Stand kopi Juragan yang berada di halaman kantor Bupati Kubu Raya.

Stand ini juga ikut bergabung dalam pameran tersebut. Nah jika belum bisa datang langsung, bisa juga menghubungi Budiansyah di nomor 082233448175, bisa juga cek Instagram nya di @coffee.juragan. kita dukung kreatifitas generasi muda Kalimantan Barat. (Marpina Sindika Wulandari)

Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved