DAD Sintang Gelar Seminar, Dorong Masyarakat Adat Bisa Manfaatkan Hutan Secara Legal

Sintang ini memiliki luasan kawasan hutan 2.163.500 hektar, luasan kawasan APL 893.100 hektare

DAD Sintang Gelar Seminar, Dorong Masyarakat Adat Bisa Manfaatkan Hutan Secara Legal
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ WAHIDIN
Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Sintang, Petrus Junaedi menjadi narasumber dalam Seminar Adat PGD ke-VIII Kabupaten Sintang Tahun 2019 di Aula CU Keling Kumang Sintang, Rabu (10/7/2019) kemarin. 

DAD Sintang Gelar Seminar, Dorong Masyarakat Adat Bisa Manfaatkan Hutan Secara Legal

SINTANG- Dewan Adat Dayak (DAD) Sintang menggelar Seminar Adat sebagai rangkaian kegiatan Pekan Gawai Dayak (PGD) ke-VIII Kabupaten Sintang Tahun 2019 bertempat di Aula CU Keling Kumang, Rabu (10/7/2019) kemarin. 

Satu di antara narasumber yaitu Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Sintang Petrus Junaedi yang memaparkan materi tentang Revitalisasi Tanah dan Masyarakat Adat. 

“Sintang ini memiliki luasan kawasan hutan 2.163.500 hektar, luasan kawasan APL 893.100 hektare. Kami ada program revitalisasi hak atas tanah masyarakat, termasuk masyarakat adat," ujar Junaedi. 

Oleh karena itu, pihaknya akan memberikan jaminan hukum atas tanah kepada masyarakat melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). 

Baca: Anggota TNI di Perbatasan Gotong-royong Perbaiki Jembatan di Desa Badau

Baca: Bupati Erlina Tegaskan Dua Mega Proyek di Mempawah Harus Serap Tenaga Kerja Lokal

"Hingga sekarang sudah 27. 591 sertifikat sudah dibagikan kepada masyarakat. Program ini bertujuan untuk kemakmuran rakyat, menghormati hak pribadi dan mendukung kehidupan masyarakat,” terangnya 

Dalam program ini, Junaedi menegaskan sudah melarang tim BPN di lapangan untuk memungut uang dari masyarakat untuk membuat sertifikat melalui program PTSL. Sebab memproses sertifikat melalui PTSL sudah ada anggarannya. 

Penulis: Wahidin
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved