Konsultasi Karir

Chairul Fuad: Seseorang Bekerja Harus Sesuai Passionnya

Tidak heran jika sebelum memasuki dunia kerja nantinya, seseorang harus memiliki passion tersendiri agar bisa menjalani pekerjaan dengan baik

Chairul Fuad: Seseorang Bekerja Harus Sesuai Passionnya
Net
Ilustrasi 

Chairul Fuad: Seseorang Bekerja Harus Sesuai Passionnya

PONTIANAK - Produktivitas seseorang dinilai dari kemampuannya dalam bekerja. Tidak heran jika sebelum memasuki dunia kerja nantinya, seseorang harus memiliki passion tersendiri agar bisa menjalani pekerjaan dengan baik dan positif.

Motivator Chairul Fuad berikut ini memberikan solusi bagi kamu yang ingin menjalani sebuah pekerjaan dengan passionya sendiri.

Pertanyaan:
penting gak si mengetahui passion sendiri sebelum melamar pekerjaan? seperti melakukan test dulu. supaya waktu masuk kerja kita gak mengeluh lalu keluar masuk perusahaan begitu saja karena biasanya setelah tamat kuliah, semuanya hanya mencoba-coba "yang penting kerja". Terimakasih..

Dika 21, Sungai Jawi

Baca: TRIBUNWIKI: Daftar Nama 15 Pejabat Pemprov yang Dilantik Sutarmidji

Baca: BREAKING NEWS - Singkawang Gempar, Wanita Indekos Ditemukan Meninggal Dunia dalam Kamar

Baca: Presiden ILC tvOne Bantah Cuti! Karni Ilyas: Banyak Menganggap Saya Penakut, Tapi Pengeritik Lupa. .

Jawaban:

Selamat pagi, semangat pagi..
Sehubungan dengan pertanyaan Anda dapat saya sampaikan bahwa idealnya seseorang bekerja harus sesuai dengan passionnya, Untuk itu diperlukan tes yang berhubungan dengan itu. Tes dapat berupa antara lain : tes bakat, tes minat, dan bila perlu tes kepribadian.

Dari hasil itu dapat diketahui bahwa Anda berapa pada kondisi yang mana, yang selanjutnya dapat digunakan untuk mencari pekerjaan atau jika Anda sudah bekerja dapat digunakan untukj menentukan posisi tugas Anda (bisa juga disertai dengan tes penempatan). Anda dapat melakukan tes tersebut melalui jasa layanan Psikologi yang ada di Biro-biro psikologi.

Tes tersebut bukan hanya diperuntukkan untuk dunia pekerjaan, namun dapat juga untuk mengetahui bakat-minat anak sejak dini. Juga untuk siswa dan mahasiswa, sehingga kedepannya seseorang termasuk para guru dapat mengetahui kondisi anak didiknya. Dengan demikian mereka akan mempermudah mengarahkan dan membina anak didiknya.

Memang benar apa yang Anda ungkapkan bahwa tidak semua orang melakukan tes ini atau tidak semua orang memperhatikan passionnya dalam mencari pekerjaan (yang penting bekerja), namun akan lebih baik kalau mengetahuinya terlebih dahulu. Pertanyaannya apakah yag tidak melakukan tes bakat-minat akan gagal dalam bekerja?

Ini sangat relative, karena bisa saja dengan berlatih dan membentuk diri secara intensif mereka bisa sukses (mencintai pekerjaan sambal jalan). Hal ini bisa saja terjadi karena manusia dilahirkan memang dengan kemampuan individual yang sangat dahsyat yang sifatnya unik (tidak ada manusia yang sama antara satu dengan yang lain).

Manusia itu mahkuk dinamis (bisa bergerak dari satu posisi ke posisi yang lain), sensitive (peka terhadap perubahan), plastis (mudah dan dapat dibentuk). Hal inilah yang menyebabkan manusia mudah beradaptasi dengan lingkungannya dan mudah mengadopsi kondisi-kondisi luar yang ada.

Jadi Anda jangan khawatir jika masih belum dapat melakukan tes bakat-minat, selama Anda berusaha secara positif untuk melakukan adaptasi dan adopsi positif terhadap dunia pekerjaan yang Anda masuki, asal tidak ada keterpaksaan yang dapat mengakibatkan Anda mengalami stress kerja.
Semoga bermanfaat, salam optimis..

Penulis: Maudy Asri Gita Utami
Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved