Bupati Erlina Ancam Tindak Tegas Tenaga Kerja Asing Ilegal di Mempawah

Oleh karena itu, Erlina akan berkomunikasi dengan direktur perusahaan dua mega proyek tersebut terkait pembangunan sekolah kejuruan untuk calon siswa

Bupati Erlina Ancam Tindak Tegas Tenaga Kerja Asing Ilegal di Mempawah
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Bupati Mempawah, Hj Erlina saat diwawancara awak media, Rabu (26/6/2019) pagi. 

Bupati Erlina Ancam Tindak Tegas Tenaga Kerja Asing Ilegal di Mempawah

MEMPAWAH - Bupati Mempawah, Hj Erlia SH MH mengatakan, jika ada Tenaga Kerja Asing (TKA) ilegal yang bekerja di perusahaan yang ada di Kabupaten Mempawah harus ditindak tegas.

"Terkait tenaga kerja asing ilegal yang bekerja di perusahaan di Kabupaten Mempawah, jika ada unsur tindak pidana disitu, maka saya mewajibkan seluruh ASN terkait dengan tenaga kerja, harus menindak lanjuti sesuai SOP nya," tegasnya, usai memimpin apel peringatan hari Bhayangkara ke-73 di Mapolsek Anjungan, Rabu (10/7/2019).

Selain itu, kata dia, harus ada sangsi tegas juga kepada para TKA.

"Karena biar bagaimanapun kita di sini tidak ingin hanya orang asing yang bekerja bekerja di dua mega proyek tersebut," sebut dia.

Baca: Bupati Erlina Tegaskan Dua Mega Proyek di Mempawah Harus Serap Tenaga Kerja Lokal

Baca: Bupati Erlina Apresiasi Kinerja Polres Mempawah

Karena SDM kita belum tentu memadai untuk semua jenis pekerjaan di mega proyek seperti Pelabuhan Kijing dan Smelter tersebut, makanya Hj Erlina sesegera mungkin membuat MoU dengan perusahaan yang mengelola mega proyek tersebut untuk mempekerjakan pekerja lokal.

"Nanti, skill apa yang dibutuhkan oleh mereka, kita akan siapkan, kemudian pada saat proyek sudah berjalan mereka tidak usah repot-repot lagi mencari. Makanya, dari awal harus ada MoU dulu dengan perusahaan yang mengelola dua mega proyek tersebut. Sehingga kita mudah menyiapkan SDM nya," ujarnya.

Untuk menciptakan kecakapan pekerja lokal di bidang tertentu, tidak menutup kemungkinan akan ada sekolah kejuruan yang dibangun khusus untuk melatih pekerja lokal agar bisa bekerja di dua mega proyek tersebut.

Baca: Bupati Erlina Ajak Masyarakat Giatkan Gerakan Mempawah Bersedekah

Baca: Dilantik Jadi Kamabicab, Bupati Erlina Komitmen Majukan Pramuka di Kabupaten Mempawah

Oleh karena itu, Bupati Erlina akan berkomunikasi dengan direktur perusahaan dua mega proyek tersebut terkait pembangunan sekolah kejuruan untuk calon siswa yang akan dipekerjakan di sana.

"Kita akan komunikasikan dulu dengan direkturnya, jika memungkinkan dibangun sekolah kejuruan, alhamdulilah sesegera mungkin harus ditindak lanjuti," pungkasnya.

Penulis: Ya'M Nurul Anshory
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved