Ikuti Pelatihan Bela Negara Kesbangpol 2019, Mahasiswa UBSI Pontianak Semakin Cinta Indonesia

Direktorat Jenderal Kesatuan Bangsa dan Politik Kementerian Dalam Negeri (Kesbangpol) Kota Pontianak kembali menggelar Pelatihan Bela Negara

Ikuti Pelatihan Bela Negara Kesbangpol 2019, Mahasiswa UBSI Pontianak Semakin Cinta Indonesia
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Ikuti Pelatihan Bela Negara KESBANGPOL 2019, Mahasiswa UBSI Pontianak Semakin Cinta Indonesia 

Ikuti Pelatihan Bela Negara Kesbangpol 2019, Mahasiswa UBSI Pontianak Semakin Cinta Indonesia

PONTIANAK - Direktorat Jenderal Kesatuan Bangsa dan Politik Kementerian Dalam Negeri (Kesbangpol) Kota Pontianak kembali menggelar Pelatihan Bela Negara yang merupakan agenda tahunan.

Pelatihan Bela Negara dilaksanakan dari tanggal 9 Juli hingga 13 Juli 2019 yang bertempat di Jalan Abdurrahman Saleh Kantor Balai Latihan Kerja Industri (BLKI) Pontianak.

Kegiatan yang mengusung tema “Membentuk Karakter Pemuda Indonesia yang Nasionalisme, Patriotisme, dan Berkepribadian Pancasila” ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air, kesadaran bangsa keyakinan terhadap pancasila sebagai ideologi negara dan memiliki kemampuan awal bela negara.

Peserta dari kegiatan ini adalah para pemuda yang berasal dari perguruan tinggi dan organisasi yang berada di sekitar Kota Pontianak.

Baca: Sidang Paripurna DPRD Kalbar Molor, Banyak Kursi Para Wakil Rakyat Masih Kosong

Baca: Live Streaming Persija Vs Persib Liga 1 2019 di Indosiar: Target Tampil Habis-habisan Lawan Persib

Baca: Kapal Terbakar di Perairan Tanjung Satai, Semua ABK Melompat ke Laut

Pelatihan Bela Negara kali ini Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Kampus Kota Pontianak mengirimkan dua orang untuk menjadi perwakilan, yakni Hesty mahasiswi semester empat dan Sony mahasiswa semester dua.

Hesty mengatakan sangat antusias mengikuti kegiatan Pelatihan Bela Negara, mengingat ini pertama kalinya ia ikut serta dalam kegiatan ini.

“Bagi saya NKRI Harga Mati! dengan adanya kegiatan ini saya optimis akan lebih mencintai tanah air saya yaitu tanah air Indonesia,”ungkap Hesty.

Hal senada disampaikan oleh Sony, menurutnya selama ini ia belum terlalu memahami arti cinta tanah air, dan dengan berpartisipasi dalam kegiatan ini ia berharap dapat lebih memahami dan memaknai akan cinta tanah air serta memahami pancasila sebagai ideologi Negara Indonesa, apalagi yang melatih langsung dari TNI.

Kepala Kampus UBSI Kampus Kota Pontianak, Eri Bayu Pratama yang turut mendampingi mahasiswa dalam acara pembukaan Bela Negara 2019 mengatakan sangat bangga terhadap mahasiswa yang ikut dalam Pelatihan Bela Negara.

“Dengan ikut serta dalam kegiatan ini merupakan salah satu sikap yang begitu nasionalis dari mahasiswa terhadap tanah air yang dilandasi akan cinta negara, sehingga rasa tanggung jawab dalam diri untuk menjaga kerukunan antar umat beragama, suku, ras dan golongan tebentuk kental di dalam diri mereka,”kata Eri.

Penulis: Anggita Putri
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved