25 Anak LPKA Kelas IIB Sungai Raya Ikuti Penyuluhan Kesehatan Jiwa

Anak-anak yang berada di LPKA kelas IIB Sungai Raya memiliki permasalahan yang beragam yang menjadi penyebab mereka berada disana.

25 Anak LPKA Kelas IIB Sungai Raya Ikuti Penyuluhan Kesehatan Jiwa
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Peserta Penyuluhan Kesehatan dari LPKA diabdikan bersama Pemateri dari STIK Muhammadiyah Pontianak 

25 Anak LPKA Kelas IIB Sungai Raya Ikuti Penyuluhan Kesehatan Jiwa

KUBU RAYA- Sebanyak 25 Anak dari Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) kelas IIB Sungai Raya mengikuti kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) dengan tema Penyuluhan Kesehatan Tentang Kesehatan Jiwa Usia Muda (Remaja) Pendekatan Keluarga dan Agama Sebagai Preventif Psychosocial Trauma, Jumat (28/7/2019).

Kegiatan ini dalam rangka mendukung satu program Puskesmas Sungai Raya dalam program kesehatan yang ada di LPKA kelas IIB Sungai Raya.

Selain 25 anak yang berusia sekitar 15-20 tahun didampingi petugas kesehatan LPKA, PKM juga diikuti mahasiswa magang, dan petugas keamanan LPKA kelas IIB Sungai Raya.

Anak-anak yang berada di LPKA kelas IIB Sungai Raya memiliki permasalahan yang beragam yang menjadi penyebab mereka berada disana.

Stressor tersebut menstimulus kondisi potensial maupun resiko terhadap kejadian masalah psikososial (pergeseran rentang respon sehat-sakit) sehingga kebutuhan akan sehat jiwa berdasarkan usianya sangatlah diperlukan.

Ketua pengusul PKM, Dr. Wida Kuswida Bhakti, M.Kep melibatkan beberapa orang dosen STIK Muhammadiyah dan 5 mahasiswa semester VII.

Baca: 37 Penyelenggara Negara di Provinsi Jawa Timur Diperiksa KPK Terkait Masalah Ini

Baca: LSP-KPK Gelar Sosialisasi dan Koordinasi Kegiatan Sertifikasi Penyuluh Anti Korupsi di UPB Pontianak

Sementara pemateri penyuluhan, Tutur Kardiatun, M.Kep, menyatakan, tujuan PKM menstimulus terciptanya sehat jiwa bagi anak usia muda (remaja) yang berada di LPKA kelas IIB Sungai Raya dengan mengoptimalkan peran keluarga dan basis agama, sehingga diharapkan dapat terbentuknya karakteristik anak-anak usia muda yang selalu memiliki keyakinan agama yang kuat dalam berpikir dan bertindak, berpositif thingking, mengaktualisasikan kemampuan diri secara baik, dan memiliki pandangan hidup kedepan yang lebih baik.

Petugas kesehatan LPKA kelas IIB Sungai Raya mengatakan, kegiatan PKM sangat baik dan kedepan diharapkan ada kerjasama dengan institusi pendidikan khususnya STIK Muhammadiyah Pontianak guna merencanakan beberapa kegiatan kesehatan yang menunjang kebutuhan anak penghuni LPKA ini kedepannya.

PKM berupa penyuluhan kesehatan tersebut menggunakan metode ceramah dan diskusi. Antusiasme peserta penkes aktif serta kegiatan berlangsung lancar dan tertib. Salah seorang peserta  mengaku senang dengan tema penkes  karena sebelumnya belum pernah diberikan, sehingga ia tahu kondisi yang saat ini mereka alami sehingga dapat menstimulus perubahan kesehatan jiwa.

Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved