TRIBUNWIKI

TRIBUNWIKI: Profil Singkat Kabupaten Sekadau

Kabupaten Sekadau merupakan daerah kecil yang memiliki potensi jalur transportasi segitiga, yakni daerah Nanga Taman dan Nanga Mahap

TRIBUNWIKI: Profil Singkat Kabupaten Sekadau
ISTIMEWA
Kantor Bupati Sekadau

TRIBUNWIKI: Profil Singkat Kabupaten Sekadau

PONTIANAK - Kabupaten Sekadau adalah salah satu kabupaten di Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia. Kabupaten Sekadau merupakan daerah kecil yang memiliki potensi jalur transportasi segitiga, yakni daerah Nanga Taman dan Nanga Mahap yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Ketapang.

Kota Sekadau merupakan kota inti yang dilewati oleh jalur ke kota maupun pedalaman, daerah Tiga Belitang berbatasan dengan Senaning, Kabupaten Sintang dan Sarawak, Malaysia Timur.

Penduduk asli Kabupaten Sekadau adalah etnis Dayak, yang terbagi dalam sub-sub suku Dayak di Kabupaten Sekadau antara lain, Dayak Mualang ( Ibanik Group), Dayak Ketungau Sesat ( Ibanik Group ), Dayak Kerabat, Dayak Senganan ( Dayak Muslim / yang dianggap orang luar sebagai Melayu sekadau).

Baca: VIDEO: Wagub Norsan Tanyakan Tersangka Narkoba Pemilik e-KTP Diduga Palsu Dalam Jumlah Banyak

Baca: Pevita Pearce Masuk Nominasi Team Up 100 PUBG Mobile Club Open (PMCO) 2019, Buruan Vote Idola Kalian

Baca: TRIBUNWIKI: Berkunjung ke Ketapang? Yuk Cobain Es Krim Roti di Sweet Ice Cream

Dayak Mualang mempunyai populasi yang terbesar diperkirakan lebih dari 60 persen penduduk Sekadau, Sebagian besar bermukim di Belitang Hilir, Belitang Tengah dan Belitang Hulu dan tersebar ke Kecamatan Sepaok Kabupaten Sintang.

Populasi besar kedua yaitu, Dayak Ketungau sesat bermukim di Sekadau Hilir, Sekadau Hulu dan Dayak Kerabat bermukim di Sekadau Hulu, Dayak Senganan di kota Sekadau dan sekitarnya, dan sub-sub kecil lainnya yang tersebar di Nanga Taman, Nanga Mahap.

Kabupaten Sekadau banyak memiliki peninggalan sejarah di beberapa tempat, antara lain di daerah Nanga Taman dan Nanga Mahap.

Penulis: Rivaldi Ade Musliadi
Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved