Kapolda Kalbar Sebut Lokasi SPN di Kota Singkawang Sangat Strategis Miliki Lahan Hingga 40 Hektare

Launching pembangunan Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Kalbar resmi dimulai pada Senin (8/7/2019) di Kota Singkawang

Kapolda Kalbar Sebut Lokasi SPN di Kota Singkawang Sangat Strategis Miliki Lahan Hingga 40 Hektare
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ FERRYANTO
Kapolda Kalbar bersama Sutarmidji saat tinjau lokasi Bakal pembangunan SPN di Kota Singkawang, di kelurahan Sagatani, Kecamatan SingkAwang Selatan, Kota Singkawang, Senin (8/7/2019). 

Kapolda Kalbar Sebut Lokasi SPN di Kota Singkawang Sangat Strategis Miliki Lahan Hingga 40 Hektare

SINGKAWANG - Launching pembangunan Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Kalbar resmi dimulai pada Senin (8/7/2019) di Kota Singkawang bagian Selatan tepatnya di Kelurahan Sagatani.

Kapolda Kalbar, Inspektur Jenderal Polisi Didi Haryono mengatakan SPN Polda Kalbar akan dipindahkan ke Singkawang mengingat SPN di Pontianak tidak kondusif untuk proses pendidikan.

Irjen Pol Didi Hartono mengatakan SPN Pontianak hanya berlahan kurang dari satu hektare yakni sekitar 7 ribu meter persegi.

Lagipula, lokasi SPN di Singkawang memiliki luas lahan hingga 40 hektare yang berasal dari hibah masyarakat atas prakarsa Wali Kota Singkawang.

Baca: Windy Akui Belajar Akreditasi ke RSUD Sekadau yang Sudah Gunakan Versi Terbaru

Baca: Mardani H Maming Hadiri Halalbihalal HIPMI Kalbar

Baca: FKUB Imbau Masyarakat Kapuas Hulu Terus Jaga Kerukunan Umat Beragama

"Untuk membentuk seorang anggota Polri/TNI itu diperlukan medan yang benar-benar mendukung, contohnya seperti di Singkawang Selatan ini. Nah, pertimbangannya karena SPN tidak layak di tengah kota. Dari beberapa daerah, yang benar-benar representatif adalah Singkawang. Dari kontur tanah dan sebagainya di sini pas, yaitu tanah mineral sehingga keras," tuturnya.

Didi mengungkapkan pembukaan lahan lokasi SPN dilakukan pihaknya secara intens sejak pertengahan 2018 lalu. Dirinya berterima kasih atas dukungan penuh Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji.

Gubernur, menurutnya, memberikan dorongan besar kepada pihaknya untuk menjelaskan rencana pembangunan SPN di Singkawang kepada DPRD Provinsi Kalimantan Barat beberapa waktu lalu.

"Sehingga kami presentasikan SPN ini dan membangun Kalimantan Barat sesuai dengan nawacita presiden, yakni membangun dari pinggiran. Kalau di singkawang, ini daerah pinggiran. Tapi insya Allah dalam perjalanan waktu pasti suatu ketika akan maju," pungkasnya.

Penulis: Ya'M Nurul Anshory
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved