Percepat Cakupan Semesta, Pemangku Kepentingan Kabupaten Kubu Raya Lakukan Koordinasi

Gerry Adhi Kusuma, mengatakan rapat koordinasi yang rutin dilaksanakan oleh pemangku kepentingan ini bertujuan tercapainya komunikasi yang baik

Percepat Cakupan Semesta, Pemangku Kepentingan Kabupaten Kubu Raya Lakukan Koordinasi
ISTIMEWA
Suasana rapat koordinasi kepentingan program JKN-KIS Kabupaten Kubu Raya 

Percepat Cakupan Semesta, Pemangku Kepentingan Kabupaten Kubu Raya Lakukan Koordinasi

KUBU RAYA – Dalam rangka mempercepat Universal Health Coverage (Cakupan Semesta Jaminan Kesehatan) jajaran pemangku kepentingan program JKN-KIS Kabupaten Kubu Raya lakukan  pertemuan koordinasi pada hari Selasa (2/7/2019).

Pertemuan yang dilaksanakan Aula Rapat Bupati Kubu Raya ini dihadiri oleh pemangku kepentingan  yaitu OPD (Organisasi Perangkat Daerah) pemerintah Kabupaten Kubu Raya antara lain Dinas Kesehatan, Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Tenaga dan Transmigrasi Kerja, Badan Kepegawaian Daerah, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah.

Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Pontianak Gerry Adhi Kusuma, mengatakan rapat koordinasi yang rutin dilaksanakan oleh pemangku kepentingan ini bertujuan tercapainya komunikasi yang baik dengan para pemangku kepentingan utama terkait pelaksanaan Program JKN-KIS.

Baca: Agus Tukang Tambal Ban Keliling ini Bersyukur Milik Kartu JKN-KIS

Baca: Persingkat Proses Administrasi KLL Peserta JKN-KIS, BPJS Kesehatan Luncurkan Baru “INSIDEN

“Pada moment koordinasi ini diharapkan terwujudnya partisipasi pemerintah daerah dalam mendukung suksesnya program JKN-KIS. Terutama dalam hal pertumbuhan jumlah peserta JKN-KIS di Kabupaten Kubu Raya, dimana saat ini cakupan kepesertaannya baru mencapai 65,14 % dari total populasi penduduk. Melalui kegiatan ini mari kita rumuskan rencana kerja strategis untuk mempercepat Cakupan Semesta Jaminan Kesehatan di Kabupaten Kubu Raya,”  tutur Gerry.

Asisten Perekonomian Pembangunan dan Kesejahteraan Sosial Pemerintah Kabupaten Kubu Raya Odang Prasetyo, dalam memimpin rapat koordinasi memberikan arahan kepada seluruh OPD agar saling berkoordinasi untuk melakukan percepatan pertumbuhan peserta program Jaminan Kesehatan Nasional di Kabupaten Kubu Raya.

Baca: Gotong Royong Budaya Indonesia Yang Tercermin Dalam Program JKN-KIS

Baca: JKN-KIS Beri Kemudahan Mendapatkan Layanan Kesehatan

“Bupati Kabupaten Kubu Raya memiliki komitmen dan perhatian luar biasa terhadap pertumbuhan peserta JKN-KIS di Kabupaten Kubu Raya. Tahun ini Kabupaten Kubu Raya telah menambah angaran PBI APBD (Penerima Bantuan Iuran menggunakan anggaran Daerah). Hal ini tentunya dapat mendukung jumlah cakupan kepesertaan di Kabupaten Kubu Raya. Melalui forum ini  juga kita akan mencoba mengkaji dan melakukan evaluasi baik dari sisi kepesertaan, iuran, serta realisasi pelayanan kesehatan sehingga pelaksanaan  program JKN-KIS di Kabupaten Kubu Raya berjalan dengan lebih baik,” tutur Odang.

Kabupaten Kubu Raya merupakan Kabupaten termuda yang berada di Provinsi Kalimantan Barat, Kabupaten Kubu Raya berdiri pada tangga 17 Juli 2007 dengan luas wilayah 6.985,20 m² dengan 39 pulau-pulau kecil yang ada didalamnya. Sampai dengan bulan Juni tahun 2019  jumlah kepesertaan JKN-KIS di Kabupaten Kubu Raya  telah mencapai 393.808 jiwa dari total jumlah populasi penduduk sesuai data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Kalimantan Barat tahun 2018 yaitu 604.563 jiwa. Ini berarti 65.14 % penduduknya sudah terlindungi Program JKN-KIS. Pemerintah Kabupaten Kubu Raya berkomitmen akan segera mempercepat perluasan peserta hingga tercapainya cakupan semesta untuk seluruh masyarakat Kubu Raya

Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved