Sintang Didapuk Jadi Tuan Rumah Festival Budaya Dayak ke-2

Festival budaya ini merupakan suatu program DAD provinsi Kalimantan Barat, yang juga akan berkelanjutan.

Sintang Didapuk Jadi Tuan Rumah Festival Budaya Dayak ke-2
TRIBUN PONTIANAK/ANESH VIDUKA
Karnaval budaya sekaligus parade tangkint saat pembukaan Festival Budaya Dayak ke-1 Kalimantan Barat, di Kabupaten Bengkayang, Minggu (7/7/2019). Festival ini dipusatkan di Ramin Bantang (rumah betang), Jalan Raya Sanggau Ledo, Kelurahan Sebalo, Kabupaten Bengkayang dan akan berlangsung sejak tanggal 7 Juli sampai tanggal 11 Juli 2019. 

Sintang Didapuk Jadi Tuan Rumah Festival Budaya Dayak ke-2

BENGKAYANG - Dewan Adat Dayak (DAD) provinsi Kalimantan Barat menggelar Festival Budaya Dayak yang pertama kali di Kalimantan Barat, yang diselenggarakan di Kabupaten Bengkayang.

Festival Budaya Dayak ke-1 ini dipusatkan di Ramin Bantang (rumah betang), Jalan Raya Sanggau Ledo, Kelurahan Sebalo, Kabupaten Bengkayang dan akan berlangsung sejak tanggal 7 Juli sampai tanggal 11 Juli 2019.

Ketua DAD Provinsi Kalimantan Barat, Jakius Sinyor megatakan Festival Budaya Dayak ini sudah dirancang tiga tahun yang lalu, dan terwujud pada tahun ini.

"Terima kasih kepada bapak Bupati Bengkayang, Suryadman Gidot,sebagai tuan rumah," kata Jakius Sinyor saat memberikan kata sambutan pada acara pembukaan Festival Budaya Dayak ke-1 di Ramin Bantang, Kabupaten Bengkayang, Minggu (7/7/2019).

Festival budaya ini merupakan suatu program DAD provinsi Kalimantan Barat, yang juga akan berkelanjutan.

Baca: Festival Budaya Dayak ke-1 Kalimantan Barat di Bengkayang, Berikut Penjelasan Ketua Panitia

Baca: Festival Budaya Dayak ke-1 Kalbar, Gidot Sebut Bagian Tak Terpisahkan Dalam Rangka Bangun NKRI

"Kemudian festival budaya yang selanjutnya yaitu festival budaya regional dan nasional, bahkan regional se Kalimantan sudah masuk festival budaya yang ketiga, pada tahun ini Kalimantan Utara sebagai tuan rumah," tambahnya.

Oleh sebab itu, DAD provinsi Kalimantan Barat membuat program Festival Budaya Dayak ke-1 tersebut.

"Festival budaya ini beda dengan apa yang kita laksanakan seperti naik dango dan sebagainya, itu merupakan rutinitas, tapi untuk festival ini ada kelanjutannya, seperti kita melaksanakan Pesparawi, MTQ, mulai dari tingkat kabupaten, tingkat provinsi bahkan tingkat nasional sampai ke tingkat International," jelas Jakius Sinyor.

Kelanjutan dari Festival yang pertama ini nanti akan ada kelanjutan festival yang kedua.

"Kalau ada yang pertama pasti ada yang kedua, saya laporkan kepada bapak Gubernur, sudah ada Kabupaten yang akan menjadi tuan rumah pada Festival budaya Dayak yang kedua, kalau tidak salah waktu kami rapat kemaren yaitu Kabupaten Sintang, ya jadi kami tidak perlu lagi voting-voting, langsung saja menunjuk, karena berdasarkan tempat, berdasarkan geografis," Katanya.

Baca: Gubernur Sutarmidji Buka Festival Budaya Dayak ke-1 Kalimantan Barat di Bengkayang

Baca: Inilah Persiapan Pembukaan Festival Budaya Dayak ke-1 Kalbar di Bengkayang

Pada kesempatan ini Jakius berpesan kepada semua lapisan masyarakat agar sama-sama menjaga keamanan selama acara berlangsung kurang lebih 5 hari tersebut.

"Sekali lagi saya ucapkan selamat kepada Bupati Bengkayang atas rumah betang ini (Ramin Bantang) yang sudah diresmikan oleh bapak Gubernur dan saya ucapkan selamat atas terselenggaranya Festival Budaya Dayak ke-1 Kalimantan Barat yang dilaksanakan di Kabupaten Bengkayang ini, kami juga mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Kalimantan Barat, Bapak Sutarmidji, Bapak Kapolda Kalbar, Bapak Irjen Didi Haryono dan Bapak Pangdam XII Tanjungpura, Bapak Mayjen TNI Herman Asaribab yang bisa hadir dalam acara ini, ini luar biasa," pungkasnya.

Penulis: Anesh Viduka
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved