Angka Pengidap HIV di Singkawang Tinggi, Legislator Singkawang Tavip Putra Purba Prihatin

"Kalau memang dari sisi anggaran yang jd masalah kita dari lembaga dewan akan mendorongnya untuk ditingkatkan,"jelasnya.

Angka Pengidap HIV di Singkawang Tinggi, Legislator Singkawang Tavip Putra Purba Prihatin
net
Ilustrasi 

Angka Pengidap HIV di Singkawang Tinggi, Legislator Singkawang Tavip Putra Purba Prihatin

SINGKAWANG - Dinas Kesehatan dan Keluarganya Berencana Berencana Kota Singkawang mencatat, hingga 2019 ini, pengidap HIV Positif HIV di Kota Singkawang telah mencapai 1121 orang.

Angka ini pun membuat anggota DPRD kota Singkawang Drs Tavip Putra Purba merasa miris dan prihatin.

"Kita dari lembaga sangat prihatin dengan kondisi ini, dan angka 1121 itu mungkin yang masih terlihat/terdata, bisa jadi ini bagaikan fenomena gunung es yang terlihat dipermukaan sangat sedikit, tapi dibawah justru lebih besar,"tuturnya.

Ia mengatakan permasalah terkait HIV merupakan permasalahan yang telah lama terjadi di Kota Singkawang, oleh sebab itu dirinya menilai harus ada langkah ekstra dari pihak dinas terkait akan hal ini.

Baca: Penyumbang Angka Terbesar HIV di Singkawang Adalah Ibu Rumah Tangga

Baca: Pengidap HIV Masih Bisa Miliki Anak Yang Tak Tertular, Ini Penjelasannya dan Caranya

"Masalah ini sudah cukup lama di Singakawang, kita prihatin kenapa angka ini tetap tinggi, ini Harus ada langkah yang ekstra dari dinas kesehatan dengan menggandeng lebih banyak LSM yang peduli dengan HIV, Totalitas dari dinas ini harus lebih tinggi, Kalau biasa - biasa saja ini akan sangat mengancam umat manusia,"ujarnya.

Dirinya sebagai anggota legislatif di Kota Singkawang pun menekankan bahwa ia siap membantu mendorong terkait perencanaan anggaran bila mana diperlukan.

"virusnya akan makin melebar dan makin mengancam tanpa batas. Kalau memang dari sisi anggaran yang jd masalah kita dari lembaga dewan akan mendorongnya untuk ditingkatkan,"jelasnya.

Baca: Kadiskes Singkawang Paparkan Ciri-ciri Orang Telah Terinfeksi Virus HIV

Baca: Terlanjur Lakukan Hal Berisiko Tertular HIV, Ini Yang Harus Kamu Lakukan

Untuk mencegah semakin banyaknya masyarakat yang tertular terlebih kaula muda, dirinya mengharapkan sosialisasi dan edukasi terhadap anak - anak usia sekolah harus lebih di galakkan kembali

"Pendidikan pencegahan ini juga harus digalakkan disekolah - sekolah dan rumah - rumah ibadah, Jangan sampai terjerumus baru dicari solusi,"terang Politisi dari fraksi Demokrat ini.

"Tapi saya yakin data itu bukan murni penduduk singkawang saja, karena luar Singkawang banyak yang berobat dan konsul di Singkawang karena RSUD Abdul Azis memiliki sarana ini, jadi Singkawang mendapat limpahaan pasien juga,"tutupnya.

Penulis: Ferryanto
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved