Sekda Sintang Tinjau Kesiapan Pekan Gawai Dayak ke-8 Tahun 2019

Jadi tidak semua orang Dayak yang jualan kuliner, ada juga masyarakat umum lainnya

Sekda Sintang Tinjau Kesiapan Pekan Gawai Dayak ke-8 Tahun 2019
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ WAHIDIN
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sintang, Yosepha Hasnah meninjau kesiapan pelaksanaan Pekan Gawai Dayak (PGD) ke-8 Kabupaten Sintang Tahun 2019 yang akan dilaksanakan di Stadion Baning Sintang, Jumat (5/7/2019) pagi.  

Sekda Sintang Tinjau Kesiapan Pekan Gawai Dayak ke-8 Tahun 2019 

SINTANG- Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sintang, Yosepha Hasnah meninjau kesiapan pelaksanaan Pekan Gawai Dayak (PGD) ke-8 Kabupaten Sintang Tahun 2019 yang akan dilaksanakan di Stadion Baning Sintang, Jumat (5/7/2019) pagi. 

"Saya rasa kita sudah siap untuk melaksanakan gawai ini, bisa kita lihat tinggal panggungnya dinaikan, lalu dekorasinya. Kita dari pemerintah daerah memang setiap tahun mendorong gawai ini tetap terus dilaksanakan," katanya. 

Menurutnya Gawai Dayak ini merupakan budaya maupun adat yang harus dilestarikan. Sebab telah dilaksanakan secara turun-temurun. Oleh karena itu pemerintah daerah selalu memberikan support atau dukungan yang penuh. 

Baca: Penumpang Korban Laka Bus Maut di Tayap Merupakan Calon Karyawan PT Limpah

Baca: Soroti Kelangkaan Elpiji 3 Kg, Ini Harapan Anggota DPRD Sambas

"Jadi bukan hanya 2-3 tahun ini, dari dulu orang Dayak tahu itu sebagai gawai tahunan. Kalau saya, Dayak Seberuang gawai ini namanya Nyelapat Taun atau gawai pergantian taun panen, makanya wajib dilaksanakan," terangnya. 

Sekda menyampaikan bahwa pada pembukaan gawai tanggal 9 Juli 2019 nanti akan diawali dengan ibadah Misa. Sebab seperti yang diketahui bahwa gawai merupakan ucapan syukur yang menjadi adat masyarakat Dayak. 

"Namun kita juga melibatkan masyarakat umum untuk meramaikan gawai ini. Mulai dari stand- stand Kecamatan, lalu ada kuliner. Jadi tidak semua orang Dayak yang jualan kuliner, ada juga masyarakat umum lainnya," pungkasnya. 

Penulis: Wahidin
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved