PENERIMAAN CPNS OKTOBER - Pemerintah Sediakan 253.173 Lowongan

Lowongan itu terdiri dari dua bagian, yakni PNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK/P3K).

PENERIMAAN CPNS OKTOBER -  Pemerintah Sediakan 253.173 Lowongan
Grid.id
Ilustrasi rekrutmen CPNS 2019 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, JAKARTA -Kabar gemira datang dari Badan Kepegawaian Negara (BKN). Pemerintah Pusat akan memulai penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil ( CPNS) pada Tahun 2019 ini.

Tak tanggung-tanggung, ratusan ribu lowongan disiapkan. Tepatnya sebanyak 253.173 orang. Namun, lowongan itu terdiri dari dua bagian, yakni PNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK/P3K).

Baca: Jadi Korban Iming-iming Lolos CPNS, Seorang Warga Antibar Laporkan 2 Oknum PNS ke Polres Mempawah

Baca: Kasus Penipuan CPNS, Tokoh Masyarakat Desak Polres Mempawah Usut Tuntas

Dikutip dari Kompas.com, proses rekrutmen proses dan jadwal seleksi CPNS 2019 akan dibuka pada Oktober 2019 ini.

Maka dari itu, Kepala Biro Humas BKN, Muhammad Ridwan menyatakan bahwa pihaknya akan menyampaikan petunjuk teknis (Juknis) sesegera mungkin kepada masyarakat.

"Kemarin, pak Menpan RB sudah statement, bahwa penerimaan CPNS kemungkinan besar di Oktober," kata Ridwan, Jakarta, Kamis (04/07/2019).

Lebih lanjut, Ridwan menjelaskan, proses penerimaan pendaftaran tersebut dipekirakan lebih awal untuk PPPK. Namun ia tak memberikan kapan waktu pastinya.

Menurut dia, adanya pernyataan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ( MenPAN RB) Syafruddin itu menjadi tanda bagi BKN untuk bersiap.

"Bagi kami di Panselnas merupakan semacam ancer-ancer. Oleh karena itu, persiapan mulai dipersiapkan mulai dari sekarang. Banyak yang harus dipersiapkan," ujarnya.

Dia mengatakan, pihak hingga ini terus mempersiapkan segala keperluan yang dibutuhkan dalam proses penerimaan calon Aparatur Sipil Negara (ASN) tahun ini. Baik untuk CPNS maupun PPPK.

"Kebutuhan riil (jumlah PNS dan PPPK) dari intansi pusat dan daerah itu belum semua masuk, tapi seberapa banyak saya harus cek dulu ke Kemenpan RB," ungkapnya.

Baca: Jemput Korban trafficking di Bandara Supadio, Sekda Yusran Berharap Kasus Serupa Tak Terjadi Lagi

Dia menyebut, setidaknya ada tujuh tahapan proses penerimaan CPNS dan PPPK yang harus dilalui. Ini semua sesuai dengan aturan pemerintah yang berlaku.

Sebagai informasi, untuk pemerintah pusat, alokasinya sebanyak 46.425 lowongan terdiri dari untuk PNS sebanyak 23.213 lowongan dengan rincian 17.510 untuk pelamar umum dan dari sekolah kedinasan 5.696.

Selain itu pemerintah pusat juga membuka 23.212 lowongan untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK/P3K.

Sementara itu jumlah lowongan CPNS pemerintah daerah mencapai 207.748. Terdiri dari lowongan PNS 62.324 dan untuk PPPK/P3K 145.424. (*)

Penulis: Haryanto
Editor: Haryanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved