4 Tips Hemat Liburan ke Jerman Ala Travel Blogger yang Tinggal di Jerman

seorang travel blogger mengaku menurutnya sebetulnya terdapat beberapa tips untuk menghemat biaya saat liburan ke Jerman

4 Tips Hemat Liburan ke Jerman Ala Travel Blogger yang Tinggal di Jerman
KOMPAS.COM
Ilustrasi 

4 Tips Hemat Liburan ke Jerman Ala Travel Blogger yang Tinggal di Jerman

Jerman merupakan salah satu negara impian banyak orang. Meski demikian, banyak orang yang takut ke Jerman lantaran biayanya yang mahal. Dikutip dari KompasTravel yang telah menghubungi Irawati Prilia, seorang warga negara Indonesia yang kini tinggal di Jerman, sekaligus seorang travel blogger. Menurutnya sebetulnya terdapat beberapa tips untuk menghemat biaya saat liburan ke Jerman, berikut ulasannya:

1. Gunakan Flixbus

Ira menuturkan, salah satu cara hemat biaya perjalanan saat di Jerman adalah dengan menggunakan flixbus. “Biar hemat naik bus, misalnya Flixbus. Banyak kota-kota besar kejangkau bus,” tutur Ira. Menilik dari situs resminya https://global.flixbus.com/ flixbus adalah perusahaan startup yang sudah beroperasi sejak tahun 2013, dimana ia menyediakan jaringan bus antarkota terbesar di Eropa. Flixbus mengusung slogan “Low cost bus travel from just 5 Euro” yang berarti “Perjalanan bus berbiaya rendah hanya 5 Euro”.

2. Gunakan Kereta Ekonomi

franken thuringen express(https://www.bahn.de/) Menurut Ira, tiket kereta tidak semurah bus. Namun jika ingin menggunakan kereta, wisatawan bisa menggunakan tiket kereta ekonomi dengan membeli tiket ramai-ramai maksimal 5 orang untuk lebih berhemat. “Tiket harian kereta ekonomi (Quer-durch-Land-Ticket) harganya 44 euro untuk orang pertama. Orang kedua-kelima tinggal nambah 8 euro per orang. Tiket ekonomi ini berlaku seharian buat naik kereta api ekonomi di seluruh Jerman,” katanya. Sedangkan untuk kereta api ekonomi milik perusahaan kereta api Jerman biasanya terdiri dari dua macam, yakni Regional Ekspress( RE) dan Regional Bahn (RB). Untuk tiket kereta online bisa dibeli melalui https://www.bahn.de/. Selain itu, dibeli di vending machine atau di konter tiket di stasiun.

3. Kunjungi Museum-museum Gratis

Menurut Ira, untuk menghemat biaya selanjutnya adalah wisatawan bisa mengunjungi beberapa museum-museum yang kerap menggratiskan tiket di waktu-waktu tertentu. “Setiap kota di Jerman punya museum belasan sampai puluhan harus cek satu-satu di websitenya,” terang Ira.

Jerman memiliki cukup banyak museum diantaranya adalah gedung Reichstag, Holocaust Memorial, Museum Topografi Terror, kebun istana Charlottenburg, Mauerpark Karaoke, Neues Museum dan masih banyak lagi lainnya

4. Bisa Gunakan Berlin Welcome Card

Untuk menghemat biaya, selanjutnya wisatawan bisa mencoba membeli Berlin Card yang bisa dipakai untuk naik transportasi publik, serta mendapat potongan ke museum atau tempat wisata.

Mengutip dari KompasTravel yang mencoba menilik situs resmi Berlin Card yang beralamat di https://www. berlin-welcomecard.de Menurut website tersebut, kelebihan Berlin Welcome Card adalah wisatawan bisa menghemat biaya hingga 50 persen saat berkunjung ke tempat-tempat populer.

Berlin Welcome Card juga merupakan tiket untuk transportasi umum selama di Berlin, serta melayani area luar kota sesuai dengan pemintaan. Setiap tiket bisa membawa hingga tiga anak berusia 6 hingga 14 tahun. Nah, itu tadi tips berhemat selama liburan di Jerman. Jadi kapan Kamu akan ke Jerman?

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Tips Menghemat Perjalanan saat Liburan ke Jerman", https://travel.kompas.com/read/2019/07/05/081500227/4-tips-menghemat-perjalanan-saat-liburan-ke-jerman.

Editor: Maskartini
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved