Renault Triber, Mobil Eropa Si Penantang Baru Toyota Avanza Cs di Pasar LMPV Indonesia

Renault Triber digadang-gadang bakal menjadi pesaing baru bagi Toyota Avanza Cs pada pertengahan Juli 2019 mendatang.

Renault Triber, Mobil Eropa Si Penantang Baru Toyota Avanza Cs di Pasar LMPV Indonesia
ISTIMEWA/KOMPAS.COM
Penanatang Avanza Cs dari Renault resmi meluncur. 

Renault Triber, Mobil Eropa Si Penantang Baru Toyota Avanza Cs di Pasar LMPV Indonesia

RENAULT adalah satu di antara brand otomotif asal Eropa yang memastikan diri ikut bermain dalam 'pertempuran' psar mobil murah di Indonesia. 

Untuk hal itu, Renault yang tak lain merek otomotif asal Prancis itu membawa mobil 'murah'ny, Renault Triber.

Triber sendiri resmi diluncurkan di India, Rabu (19/6/2019).

Mobil berjenis low multi purpose vehicle ( LMPV) ini pun akan hadir di Indonesia, dan digadang-gadang bakal menjadi pesaing baru bagi Toyota Avanza Cs pada pertengahan Juli 2019 mendatang.

Baca: Penjualan Unit di Mei 2019, Toyota Avanza Ungguli Mitsubishi Xpander

Baca: Xpander Laris Manis di Telkomsel IIMS 2019, Teratas di Daftar Penjualan Mitsubishi

Dari segi tampilan, Triber yang menggunakan satu platform dengan Renault Kwid rupanya memiliki desain yang cukup modern.

Bahkan mengutip dari Indianautosblog.com, meski lahir sebagai MPV tapi visual Triber kental dengan nuansa sport utility vehicle (SUV), apalagi dengan hadirnya roof rail pada bagian atap.

Tampilan interior Renault Triber, si Penanatang Avanza Cs dari Renault yang sudah resmi meluncur.
Tampilan interior Renault Triber, si Penanatang Avanza Cs dari Renault yang sudah resmi meluncur. (ISTIMEWA/KOMPAS.COM)

Mengusung konsep tujuh penumpang, Triber memiliki dimensi panjang 3.990 mm, lebar 1.739 mm, dan tinggi 1.643 mm. Untuk jarak sumbu rodanya sendiri adalah 2.636 mm, sementara gorund clearance 182 mm, yang diklaim lebih tinggi dibandingkan saudara jauhnya, Datsun GO+.

Pada bagian depan diisi dengan gril berbentuk V yang diapit oleh headlampproyektor dengan kemasan yang sporty. Tidak hanya itu, DRL LED pun sudah menjadi fitur bawaan yang letaknya berada pada bagian bawah bumper dengan bentuk horizontal. 

Baca: Suzuki Ertiga Kembali Lakukan Penyegaran Eksterior dan Interior, Saingi Avanza-Xenia Baru?

Baca: L-MPV Pasar Paling Gemuk! Toyota Avanza Buktikan Proven by Bettle di Persaingan Perebutan Pasar

Beralih ke bagian belakang, Renault memberikan sentuhan sederhana dengan dua lampu yang memanjang diikuti desain bumper yang sedikit menonjol. Sementara pada bagian kaki-kaki, disematkan pelek berdimensi 15 inci berkelir silver.

Masuk ke sektor interior, tatanan dasbor Triber memiliki kesan yang minimalis dengan garis desain yang lurus. Walau secara layout-nya terlihat sederhana, tapi nampaknya cukup ergonomis terlebih dengan keberadaan head unit layar sentuh 8 inci yang sudah terkoneksi dengan Andorid Auto dan Apple Carplay. 

Tampilan eksterior Renault Triber
Tampilan eksterior Renault Triber (ISTIMEWA/KOMPAS.COM)

Renault rupanya juga langsung melengkapi Triber dengan fitur keyless yang akan membuat pengendara tak membutuhkan anak kunci lagi saat akan menghidupkan mesin. Menariknya, dari segi keamanan juga ada empat buah airbag yang ikut disematkan.

Baca juga: Harga MPV Murah Renault di Bawah Rp 200 Juta

Seperti yang telah diungkapkan sebelumnya, Triber akan dibekalai mesin yang sama dengan Kwid, yakni tiga silinder 1.000 cc. Meski demikian, soal tenaga diklaim lebih tinggi 7 tk, yakni 75 tk dan torsi sebesar 96 Nm. 

Sedangkan untuk memberikan pilihan bagi calon konsumen, ternyata Renault sudah melengkapi Triber dengan dua pilihan transmisi, yakni lima percepatan manual dan lima percepatan otomatis.

Editor: Ishak
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved