Parade Jukung, Kalbar Tampilkan Tugu Khatulistiwa dan Sampaikan Pesan Keluarga Berencana

Seluruh provinsi se Indonesia ikut berpartisipasi pada kegiatan parade Jukung atau perahu hias yang dilaksanakan di Sungai Martapura.

Parade Jukung, Kalbar Tampilkan Tugu Khatulistiwa dan Sampaikan Pesan Keluarga Berencana
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/SYAHRONI
Suasana parade Jukung atau Sampan di Sungai Martapura. 

Parade Jukung, Kalbar Tampilkan Tugu Khatulistiwa dan Sampaikan Pesan Keluarga Berencana

Seluruh provinsi se Indonesia ikut berpartisipasi pada kegiatan parade Jukung atau perahu hias yang dilaksanakan di Sungai Martapura.

Parade Jukung ini rangkaian acara peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke XXVI yang dipusatkan pada Kalimantan Selatan.

Sementara titik kegiatan Parade Jukung dilangsungkan di Menara Pandang Banjarmasin, Rabu (3/7/2019) malam.

BKKBN Perwakilan Kalimantan Barat juga turut serta memeriahkan parade jukung kali ini dan perahu dihiasi dengan miniatur Tugu Khatulistiwa.

Tugu Khatulistiwa merupakan ciri khas Kalbar yang ada di Kota Pontianak, tugu ini merupakan monumen titik 0 lintang utara dan selatan bumi.

Baca: PPDB di SMAN 11 Pontianak Dibuka, Animo Orang Tua Siswa Daftarkan Anaknya Sangat Tinggi

Baca: PPDB di 14 Kabupaten Selesai, Fatmawati: Tiap Kendala Akan Terus Dievaluasi Disdik Kalbar

Baca: Daftar Tim Lolos Babak 16 Besar Piala Afrika 2019: Mesir Vs Afrika Selatan, Nigeria Vs Kamerun

Begitu juga dengan provinsi lainnya, mereka menampilkan ciri khas daerah masing-masing dengan replika binatang, monumen, tanaman dan bangunan yang menjadi andalan.

Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kalimantan Barat, Drs Kusmana menjelaskan perahu hias yang menyusuri sungai merupakan bagian dari rangkaian Harganas di Banjarbaru Kalimantan Selatan.

Diangkatnya alat transportasi sungai ini, karena Kalimantan umumnya dan Kalimantan Barta pada khususnya merupakan wilayah yang mempunyai karakteristik tersendiri, terutama sungai yang begitu panjang dan luas, seperti di Kalbar dengan Sungai Kapuas dan di Kalimantan Selatan Sungai Martapura yang menjadi alat transportasi masyarakat.

"Kita dari Kabar ikut berpartisipasi membawa miniatur Tugu Khatulistiwa, karena di Indonesia hanya ada satu di Kalbar," ucap Kusmana.

Selain itu, jukung yang telah dihiasi dengan miniatur juga pasang berbagai branding tentang isu-isu Keluarga Berencana. Diharapkan masyarakat dapat mengambil informasi yang disampaikan.

Kusmana menambahkan, kegiatan yang dikemas dengan budaya lokal ini sebagai pesan bahwa di Kalimantan dan Kalbar khususnya mempunyai tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi keluarga.

Penulis: Syahroni
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved