Bupati Sintang Minta Aparatur Desa Identifikasi Apa yang Paling Dibutuhkan di Desa

Bupati Sintang Jarot Winarno menilai sejauh ini pelaksanaan Program Dana Desa di Kabupaten Sintang

Bupati Sintang Minta Aparatur Desa Identifikasi Apa yang Paling Dibutuhkan di Desa
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / WAHIDIN
Bupati Sintang, Jarot Winarno 

Bupati Sintang Minta Aparatur Desa Identifikasi Apa yang Paling Dibutuhkan di Desa

SINTANG - Bupati Sintang Jarot Winarno menilai sejauh ini pelaksanaan Program Dana Desa di Kabupaten Sintang secara umum berjalan dengan baik, namun dirinya meminta aparatur desa terus berupaya berbenah diri dan berinovasi.

Agar dana desa berfungsi maksimal, dirinya meminta agar aparatur desa, atau kepala desa (Kades) utamanya dapat mengidentifikasi mana kebutuhan yang paling khas di desa tersebut.

"Identifikasi mana yang paling khas, apakah itu masalahnya air bersih, maka buat embung dan sebagainya. Masalah jembatan penghubung, jadikan jembatan penghubung," ujar Bupati Jarot kepada Tribun, Kamis (4/7/2019) pagi.

Namun dirinya menyampaikan bahwa secara umum arahan Presiden Joko Widodo juga meminta sama-sama mendesain, mengidentifikasi produk unggulan desa.

Baca: STIK Muhammadiyah Pontianak dan Puskesmas Serdam Sosialisasikan Teknik Pijat Batuk Pilek Pada Bayi

Baca: Kunjungan ke RSUD Achmad Diponegoro, Bupati AM Nasir Berikan Bingkisan ke Pasien

Baca: Tjhay Moij Terpental ke Aspal Saat Dijambret, Polisi Menduga Pelaku Gunakan Pelat Palsu

"Jadi kalau di suatu desa itu tidak ada yang bisa dijual, itu yang susah dan tidak bisa lepas dari ketertinggalannya. Maka harus ada produk unggulan desa, dirikanlah Badan Usaha Milik Desa (Bumdes)," katanya.

Kemudian disiapkan juga embung desa, supaya ada sumber air bersih, selain itu dapat juga untuk memadamkan api jika terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), dan untuk sektor perikanan.

"Dari Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) juga nanti kita minta bantu bibit ikan dan sebagainya jika sudah ada embung. Bahkan ini juga kan bisa kita manfaatkan jadi wisata di desa tersebut," pungkasnya.

Penulis: Wahidin
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved