TRIBUNWIKI

TRIBUNWIKI: 5 Tips Mengembalikan Semangat Saat Jenuh Bekerja

Browsing hal-hal lucu. Mood yang positif, tentu saja bisa terbentuk dari hal-hal yang positif. Ada banyak hal positif yang bisa kamu

TRIBUNWIKI: 5 Tips Mengembalikan Semangat Saat Jenuh Bekerja
TRIBUNFILE/IST
stres bekerja 

TRIBUNWIKI: 5 Tips Mengembalikan Semangat Saat Jenuh Bekerja

PONTIANAK - Dunia kerja itu memang susah-susah gampang, apa lagi bagi pekerja muda.

Sering kali mereka merasa mudah bosan bahkan jadi kehilangan motivasi bekerja.

Terus, apa yang sebaiknya dilakukan untuk mengatasi hal ini?

Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu coba untuk mengembalikan motivasi kamu mengutip dari platform penyedia lowongan kerja, Kalibrr.

1. Browsing hal-hal lucu

Mood yang positif, tentu saja bisa terbentuk dari hal-hal yang positif. Ada banyak hal positif yang bisa kamu dapatkan di sekeliling kamu. Salah satunya adalah dengan melihat konten-konten lucu. Meme, hingga video viral yang aneh-aneh dan membuatmu tertawa, bisa menjadi solusi tepat untuk mengembalikan mood kamu. Tertawa akan membuat aura positif dalam dirimu semakin besar. Hal ini tentu saja kemudian membuat motivasi kamu dalam bekerja bisa meningkat. Cari-cari hal yang memotivasi. Selain hal yang lucu-lucu, konten-konten yang memotivasi juga turut membuat mood dan semangat kamu kembali muncul. Setuju atau tidak, sadar tidak sadar, kita semua terkadang perlu juga konten klise ala Mario Teguh.

Baca: BREAKING NEWS - Ratusan Mantan Buruh PT KAP Demo Kantor DPRD Kayong Utara

Baca: RAMALAN ZODIAK Asmara Rabu 3 Juli 2019, Peluang Libra Temukan Jawaban, Aquarius Jangan Menyerah

Baca: TRIBUNWIKI: 5 Cara Memperbaiki Pola Konsumtif Selama Lebaran

Dengan melihat konten-konten motivasi, seperti kata mutiara misalnya, kamu akan dapat menemukan sudut pandang baru soal kehidupanmu. Dan dari sana, kamu jadi bisa ikutan termotivasi juga dalam pekerjaanmu. 

2. Mengubah pola kerja
Pola dan sistem bekerja yang sama setiap hari memang bisa menghadirkan rasa bosan. Tidak jarang, rasa bosan ini juga turut membuat dirimu menjadi kehilangan motivasi. Hal ini tentunya bisa jadi pengaruh yang negatif dalam lika-liku karir kamu. Solusi untuk hal ini, kamu bisa memberikan warna yang berbeda dalam pola kerja kamu. Ya, setidaknya apa yang kamu biasa lakukan menjadi terlihat fresh.

Misalnya, jika biasanya kamu mengerjakan semua hal kecil sebelum jam 12, kamu bisa menukarnya menjadi setelah makan siang. Kamu juga bisa berpindah ruang kerja pada jam tertentu. Tentunya jika kerjaan kamu tidak sedang dalam kondisi deadline.

3. Cari kerjaan tambahan

Seperti yang sudah dibilang pada poin sebelumnya, terkadang rasa bosan bisa menjadi penyumbang utama dalam membuat seseorang kehilangan motivasi bekerja. Rasa bosan juga bisa hinggap dalam rutinitas dan tantangan kerja yang kamu dapatkan. Untuk hal ini, kamu bisa mencoba mengerjakan proyek sampingan bersama teman-teman kamu atau mencari sidejob yang berbeda dengan ruang lingkup pekerjaan kamu saat ini. Atau, jika kamu punya hobi tertentu, kamu bisa banget memberikan waktu lebih banyak untuk mengembangkan hobi kamu tersebut. Siapa tahu justru malah bisa jadi pemasukan tambahan buat kamu. Lumayan.

4. Ingat cicilan dan tanggungan

Hal terakhir yang bisa kamu lakukan jika kamu merasa bosan atau hilang motivasi saat bekerja, tentu saja mengingat semua tanggungan, cicilan, dan semua tentang investasi masa depanmu. Dengan begitu, kamu jadi semakin mengingat setiap alasan mengapa kamu harus bekerja lebih giat. Mengingat setiap rencana untuk masa depan kamu juga bisa membuatmu semakin termotivasi untuk bekerja. Memang sedikit ekstrim, namun faktanya hal ini biasanya justru bisa menjadi cambuk untuk kamu yang mulai kehilangan motivasi bekerja.

Penulis: Ni Made Gunarsih
Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved