TRIBUNWIKI

TRIBUNWIKI: 5 Cara Memperbaiki Pola Konsumtif Selama Lebaran

Fitri Agustina, Financial Planner One Shildt mengatakan tidak disarankan Anda menggunakan dana pinjaman untuk memenuhi kebutuhan lebaran

TRIBUNWIKI: 5 Cara Memperbaiki Pola Konsumtif Selama Lebaran
TRIBUNFILE/ISTIMEWA
ilustrasi hemat 

TRIBUNWIKI: 5 Cara Memperbaiki Pola Konsumtif Selama Lebaran

PONTIANAK - Pada momen Lebaran kemarin, banyak masyarakat yang lupa diri saat hendak berbelanja keperluan lebaran, terlebih ketika melihat diskon-diskon yang ditawarkan, barang yang sebenarnya tidak di butuhkanpun tetap dibeli. Efeknya, mereka tidak lagi punya tabungan lagi dan bahkan malah menimbulkan utang.

Nah, gajian pertama usai Lebaran telah tiba, ini waktunya Anda untuk mengatur kembali keuangan agar bebas dari utang Lebaran yang bikin pusing kepala.

Dikutip dari Kompas.com, Fitri Agustina, Financial Planner One Shildt mengatakan tidak disarankan Anda menggunakan dana pinjaman untuk memenuhi kebutuhan lebaran karena kebutuhan Anda tersebut bersifat konsumtif.

Baca: TRIBUNWIKI: Nyantai Asik di Koffie Stelsel, Suasana Asri Bikin Happy

Baca: TRIBUNWIKI: Enam Pola Hidup Sehat Ala Remaja yang Mudah Kamu Terapkan

Baca: TRIBUNWIKI: Menegangkan, Film Anna Mata-mata Cantik Sudah Tayang di Bioskop

Kalau sudah telanjur, bagaimana lagi?  Ini dia caranya :

1. Prioritaskan melunasi utang

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah melunasi utang gara-gara pengeluaran Lebaran. Bila Anda tidak dapat melunasi seluruhnya dalam satu kali pembayaran, Anda dapat membayar utang tersebut dengan sistem cicilan.

Fitri menyarankan sebaiknya Anda mencicil utang dalam dua kali pembayaran agar tidak terlalu lama menanggung utang yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan lebaran kemarin.

Khusus Anda yang menggunakan kartu kredit untuk membayar tagihan belanja saat lebaran lalu, wajib membayar tagihan kartu kredit secara penuh sebelum waktu jatuh tempo. Dengan demikian Anda tidak terkena bunga tagihan kartu kredit. Namun, kalau Anda merasa kesulitan untuk membayar tagihan secara sekaligus, bisa mencicil pembayarannya. Usahakan Anda melunasi tagihan tidak sampai tiga bulan (tiga kali pembayaran)," kata Fitri.

Ingat, Anda harus menanggung beban bunga kartu kredit yang cukup tinggi.

Halaman
12
Penulis: Mia Monica
Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved