Persiapkan Jadi Haji Mabrur, 122 Calon Haji Singkawang Ikut Manasik

Sebanyak 122 calon jamaah Haji asal Kota Singkawang melaksanakan manasik haji di halaman Kantor Walikota Singkawang,

Persiapkan Jadi Haji Mabrur, 122 Calon Haji Singkawang Ikut Manasik
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/FERRYANTO
Abdul Muthalib, Kepala KUA Kecamatan SingkAwang Barat, sekaligus penanggung jawab dari Rayon 2, Tribun Pontianak Ferryanto. 

Persiapkan Jadi Haji Mabrur, 122 Calon Haji SingkAwang Ikut Manasik

SINGKAWANG - Sebanyak 122 calon jamaah Haji asal Kota Singkawang melaksanakan manasik haji di halaman Kantor Walikota Singkawang, senin (1/7/2019).

Ratusan calon jamaah haji asal singkawang ini mempraktekan rangkaian ibadah yang akan di laksanakan pada saat di tanah suci nanti.

Dari Tawaf yakni ibadah mengelilingi Ka'bah, berlari dari bukit Safa dan Marwah, lalu melempar jumroh semua rangkaian ibadah yang akan di laksanakan di Tanah Suci nantinya semua di praktekan.

Ditemui saat Manasik di halaman Kantor Walikota Singkawang, Abdul Muthalib, Kepala KUA Kecamatan SingkAwang Barat, sekaligus penanggung jawab dari Rayon 2 Kota Singkawang menjelaskan bahwa tujuan dari Manasik ini agar dapat menambah ilmu dan pengetahuan dari para jamaah yang akan melaksanakan ibadah haji.

Baca: Hotel Ibis Pontianak Sajikan Hidangan Ala Timur Tengah

Baca: Deretan Momen Idola K-Pop Berkarakter Tsundere Tunjukkan Kepedulian pada Orang Lain, Bikin Meleleh!

Baca: Peringatan Dini, BMKG Prediksi Kayong Utara dan Ketapang Berawan Siang Ini

"Manasik ini merupakan aplikasi dari materi - materi yang telah kita berikan ke para calon jamaah sebelumnya, Pada praktek ini kit gabung seluruh jamaah haji sekota SingkAwang, dengan harapan, praktek ini untuk menambah ilmu, Juga agar, para calon jamaah haji itu benar - benar paham tentang pelaksanaan ibadah haji dan umroh,"tututnya.

Ia menjelaskan untuk mendapatkan haji yang mabrur wajib hukumnya melaksanakan ibadah sesuai tuntunan dan syariat.

"Bila para jamaah telah paham akan rangkaian syari'at ibadah haji dan umroh, Sehingga apa yang terencana kan untuk mendapat haji yang mabrur betul - betul di Kabulkan oleh Allah SWT, dan sesuai apa yang di sampaikan oleh Hadist Rasullullah "Haji Yang Mabrur itu tidak ada Balasannya kecuali di Surga,"terangnya.

Kepada seluruh Jamaah, iapun menghimbau agar senantiasa menjaga kondisi tubuhnya sebelum berangkat dengan banyak berlatih fisik, karena ibadah haji memerlukan stamina yang banyak.

Kemudian, saat berada di tanah suci nantinya, ia pun menegaskan kepada seluruh jamaah agar selalu menurut perintah dari pembimbing.

"Disana jangan terlalu banyak keluyuran, disana harus banyak minum, takut perubahan cuaca ekstrem, sehingga harus banyak minum, dan seringlah berzikir, membaca Alquran dan Sholawat, sesuai hafalan saja,"tuturnya.

Para jamaah sendiri direncanakan akan berangkat dari Kota Singkawang menuju tanah suci pada tanggal 18 Juli 2019.

"Inshaa Allah berangkat nanti tanggal 18, semula tanggal 20 tapi di majukan sesuai informasi bagian haji, nanti itu tanggal 18 berangkat ke Pontianak, Pontianak Batam,"jelasnya.

Penulis: Ferryanto
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved