Gawai Dayak di Sanggau, Catat Tanggalnya

Tetapi peserta sudah datang tanggal 6 Juli untuk mempersiapkan segala hal termasuk teknikal miting untuk perlombaan-perlombaan

Gawai Dayak di Sanggau, Catat Tanggalnya
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ HENDRI CHORNELIUS
Wakil Ketua Panitia Gawai Dayak Nosu Minu Podi ke-XV, Urbanus SSos didampingi Koordinator Stan Pameran dan Kuliner, Gawai Dayak Nosu Minu Podi ke-XV, Yuvenalis Krismono MSI saat meninjau persiapan gawai dayak di Rumah Betang Raya Dori Mpulor, Kecamatan Kapuas, Kaupaten Sanggau, Selasa (2/7/2019). 

Gawai Dayak di Sanggau, Catat Tanggalnya

SANGGAU-Wakil Ketua Panitia Gawai Dayak Nosu Minu Podi ke-XV, Urbanus SSos menyampaikan, hingga saat ini persiapan pelaksanaan gawai dayak sudah diatas 70 persen.

Gawai Dayak Nosu Minu Podi berlangsung di Rumah Betang Raya Dori Mpulor, Kecamatan Kapuas, Kaupaten Sanggau, dari tanggal 7-9 Juli 2019.

"Tetapi peserta sudah datang tanggal 6 Juli untuk mempersiapkan segala hal termasuk teknikal miting untuk perlombaan-perlombaan," katanya.

Tema gawai dayak lanjutnya, Dengan gawai nosu minu podi kita lestarikan kekayaan budaya daerah dalam keberagaman untuk Sanggau berbudaya dan beriman. Dengan sub tema, Dayak bermartabat Inodonesia didadaku.

Mantan anggota DPRD Sanggau tiga periode itu menambahkan, peserta gawai dayak terdiri dari 15 Kecamatan yang di Kabupaten Sanggau."Dan ke-15 Kecamatan ini semua mengirim peserta untuk ikut gawai, "jelasnya.

Baca: Besi Bracing Jembatan Kapuas II Dicuri, Kontainer 40 Feet Dilarang Lewat

Baca: VIDEO: Ratusan Liter Arak Berhasil Diamankan Polisi di Kapuas Hulu

Urbanus menjelaskan, dalam gawai dayak ini juga digelar berbagai perlombaan dan sama seperti tahun sebelumnya. Bahkan ada penambahan perlombaan diantaranya lomba sape dan lomba mengayam manik. Kemudian ada juga lomba menangkap babi, domamang domia, silat tradisional, lomba lagu daerah, lomba tari kreasi tradisional, mendongeng, kuiner tradisional.

"Kemudian ada hiburan-hiburan juga dari tanggal 7-9, sangat banyak hiburan dan diisi dari seluruh Kecamatan yang ada. Dan kita mengundang juga pemusik atau sape dari luar, intinya akan menariklah, "ujarnya.

Ia menambahkan, gawai dayak akan dibuka langsung Gubernur Kalbar, H Sutarmidji. "Dalam undangan juga sudah disebutkan ada pidato, ketua panitia, ketua DAD Sanggau, Bupati Sanggau, Presiden MADN, kemudian Gubernur Kalbar sekaligus membuka acara gawai dayak, "jelasnya.

Kemudian undangan DAD Provinsi Kalbar dan ada juga tamu dari Sarawak sekitar 150 orang. Untuk itulah, Urbanus mengimbau kepada seluruh masyatakat Kabupaten Sanggau  dan Kabupaten yang lain bisa ikut dalam acara gawai dayak ini.

Halaman
12
Penulis: Hendri Chornelius
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved