STQ Nasional XXV

87 Peserta Ikuti Hafalan 30 Juz dan Tafsir Alquran

Sebanyak 86 peserta ambil bagian dalam cabang hifzhil Quran 30 juz dan tafsir Alquran STQ Nasional ke-25 yang berlangsung

87 Peserta Ikuti Hafalan 30 Juz dan Tafsir Alquran
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ZULKIFLI
Peserta tampil dalam cabang hifzhil dan tafsir Alquran di gedung Konfirmasi Untan Pontianak, Selasa (2/7/2019). 

87 Peserta Ikuti Hafalan 30 Juz dan Tafsir Alquran

PONTIANAK - Sebanyak 86 peserta ambil bagian dalam cabang hifzhil Quran 30 juz dan tafsir Alquran STQ Nasional ke-25 yang berlangsung di gedung konferensi Universitas Tanjungpura Pontianak yang dimulai sejak 30 Juni.

Saat ini masih berlangsung babak penyisihan.

Ketua majelis Hakim Cabang Hifzhil Quran 30 Juz dan Tafsir Alquran dengan Bahasa Arab juz 9, Drs Muchlis M Hanafi MA, menjelaskan adapun jumlah peserta dari kedua cabang tersebut yakni sebanyak 49 peserta hifzhil Quran putra dan putri dan 37 peserta putra putri cabang tafsir Alquran.

Dijelaskanya Tafsir Alquran merupakan cabang tertinggi, karena merupakan gabungan antara hafalan 30 juz dengan tafsir Alquran.
Tafsir Alquran yang diperlombakan kali ini adalah juz yang ke- 9.

Baca: TMMD 105 Kodim Sintang Juga Gelar Kegiatan Non Fisik‎ Tentang KB Kes

Baca: PKB Kalbar Yakin Kembali Dapat Kursi di Dapil 6 DPRD Provinsi dan Menang di MK

Baca: Pastikan Akan Bangun Kantor Gubernur Enam Lantai, Sutarmidji Sebut Yang Saat Ini Gersang

"Jadi setelah diuji hafalan Alquran dengan beberapa soal, setelah itu ada pertanyaan pertanyaan terkait tafsir juz ke- 9 dalam bahasa Arab,"jelasnya

Kemudian dewan hakim mendalami pemahaman peserta tentang kosakata, kemudian korelasi antara ayat dengan ayat lain dan penjelasan tafsir tersebut secara singkat dan pelajaran apa yang bisa diambil dari ayat tersebut.

"Jadi mereka mendapat soal yang diacak dari aplikasi e-maqra,"jelasnya

Sementara untuk cabang hafalan 30 juz, yang menjadi penilaian seperti biasa sesuai standar musabaqah hifzhil Quran seperti mengenai tajwid, fashohah dan sebagainya.

Peserta akan bertanding hingga babak penyisihan selesai dan terakhir akan dipertandingkan babak final yang akan ditampilkan 3 peserta terbaik dan penentuan juara pertama.

Penulis: Zulkifli
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved