VIDEO: Jelang Musim Kemarau, Kapolres Mempawah Cek Kesiapan Operasional Damkar Mini

Dari segi geografis, sebagian besar lahan yang menjadi langganan Karhutla di wilayah hukum Polres Mempawah, hanya bisa di akses dengan roda dua

VIDEO: Jelang Musim Kemarau, Kapolres Mempawah Cek Kesiapan Operasional Damkar Mini

MEMPAWAH - Kebakaran hutan dan lahan sudah menjadi langganan di sejumlah wilayah Kabupaten Mempawa. Hal itu dikarenakan kondisi geografis wilayah lahan gambut yang cukup luas.

Kapolres Mempawah, AKBP Didik Dwi Santoso mengatakan, dari beberapa kejadian Karhutla, beberapa hambatan sering ditemui, salah satunya adalah jauhnya akses jalan dari titik api, jadi pemadam kesulitan dalam memadamkan api.

"Dari situlah kita membuat terobosan untuk mempermudah dalam menjangkau titik api, akhirnya dibuatlah Damkar Mini, dimana motor trail dinas kami modifikasi untuk bisa membawa alat pemadam sedekat mungkin dengan titik api yang tidak bisa dijangkau dengan roda empat," ujarnya.

Baca: VIDEO: Brata Delivery SIM, Satu di Antara Program Unggulan Polres Mempawah

Baca: Kasat Lantas Polres Mempawah Dorong Komunitas Motor Tingkatkan Aktivitas Sosial, Jauhi Image Negatif

Dari segi geografis, sebagian besar lahan yang menjadi langganan Karhutla di wilayah hukum Polres Mempawah, hanya bisa di akses dengan roda dua, atau jalan setapak.

"Dari beberapa kejadian Karhutla, setelah dibuat Damkar Mini manfaatnya luar biasa sekali, titik api cepat di kases, dan anggota kita tidak perlu memikul mesin pompa air yang berat lagi," ujarnya.

Simak selengkapnya dalam petikan video di atas. (Yak)

Penulis: Ya'M Nurul Anshory
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved