Tribun Wiki

Profil Singkat Kabupaten Ketapang

Kabupaten Ketapang adalah salah satu Daerah Tingkat II di provinsi Kalimantan Barat. Ibu kota kabupaten ini terletak di Kota Ketapang

Profil Singkat Kabupaten Ketapang
TRIBUN PONTIANAK/NOVI SAPUTRA
Bendera merah putih berkibar penuh satu tiang di Pendopo Bupati Ketapang saat Hari Berkabung Daerah Kalbar, Jumat (28/6/2013). Bendera ini kemudian diturunkan menjadi setengah tiang sekitar pukul 11.15 WIB. 

Profil Singkat Kabupaten Ketapang

PONTIANAK - Kabupaten Ketapang adalah salah satu Daerah Tingkat II di provinsi Kalimantan Barat. Ibu kota kabupaten ini terletak di Kota Ketapang, sebuah kota yang terletak di tepi Sungai Pawan. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 35.809 km².

Kabupaten Ketapang merupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Kalimantan Barat, terletak di antara garis 0º 19’00” - 3º 05’ 00” Lintang Selatan dan 108º 42’ 00” - 111º 16’ 00” Bujur Timur.

Baca: Ajak Prabowo-Sandi Bangun Bangsa, Jokowi: Jangan Ada Lagi 01-02

Baca: Murka Disindir Vicky Prasetyo, Muzdalifah Marah Walk Out Tinggalkan Studio

Baca: Kepala Laboratorium Filsafat Nusantara Kunjungi Singkawang Gelar Forum Grub Discussion

Dibandingkan kabupaten lain di Kalimantan Barat, Kabupaten Ketapang merupakan kabupaten terluas, memiliki pantai yang memanjang dari selatan ke utara dan sebagian pantai yang merupakan muara sungai, berupa rawa-rawa terbentang mulai dari Kecamatan Teluk Batang, Simpang Hilir, Sukadana, Matan Hilir Utara, Matan Hilir Selatan, Kendawangan dan Pulau Maya Karimata, sedangkan daerah hulu umumnya berupa daratan yang berbukit-bukit dan diantaranya masih merupakan hutan.

Sungai terpanjang di Kabupaten Ketapang adalah Sungai Pawan yang menghubungkan Kota Ketapang dengan Kecamatan Sandai, Nanga Tayap dan Sungai Laur serta merupakan urat nadi penghubung kegiatan ekonomi masyarakat dari desa dengan kecamatan dan kabupaten.

Penulis: Rivaldi Ade Musliadi
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved