Citizen Reporter

Majukan Wisata Kubu Raya, 38 Pemandu Ekowisata Ikuti Pelatihan 

Satu di antara peserta Joko Samudro pun juga mengatakan bahwa pelatihan kali ini sangat bermanfaat bagi peserta yang hadir.

Majukan Wisata Kubu Raya, 38 Pemandu Ekowisata Ikuti Pelatihan 
TRIBUN PONTIANAK/DESTRIADI YUNAS JUMASANI
Satu di antara tempat wisata yang ada di Kubu Raya 

Citizen Reporter
Mahasiswa Kubu Raya, Abdullah Sutarso

PONTIANAK - Pariwisata merupakan satu diantara sektor yang mampu meningkatkan perekonomian masyarakat menjadi baik. 

Berdasarkan data wikipedia.com, tahun 2016, jumlah wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia sebesar 11.525.963 juta lebih atau tumbuh sebesar 10,79% dibandingkan tahun sebelumnya.

Dengan meningkatnya pertumbuhan mancanegara yang datang maka perlunya ada Pemandu wisatawan yang proporsional.

Agar setiap wisatawan yang berkunjung mendapatkan pelayanan sebaik mungkin. 

Menyadari hal itu, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kubu Raya pun tidak mau ketinggalan dan menggelar pelatihan selama 3 (tiga) hari, dan diikuti oleh 38 peserta yang berasal dari masyarakat asal Kabupaten Kubu Raya , Rabu-Jum'at (25-27/06/2019).

Bertempatan di Hotel Dangau Jl. Ahmad Yani II di Kabupaten Kubu Raya pelatihan Pemandu Wisata Ekowisata di gelar bertujuan agar pemuda/i Kabupaten Kubu Raya terlatih untuk jadi Pemandu  wisatawan internasional (turis) yang datang berkunjung kedaerah wisata yang ada di Kabupaten Kubu Raya.

Julihardi selaku satu diantara panitia pelaksana mengungkapkan seluruh peserta sangat antusias mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh panitia terlihat dari setiap materi yang disampaikan.

"Apapun materi yang diberikan pada peserta mulai dari  tata cara menyajikan dan menyiapkan informasi, caranya manajemen waktu, menyikapi wisatawan yang komplen, ketika dalam perjalanan terkena musibah dan masih banyak lainnya," ujarnya. 

Baca: Kamar Hotel Terisi Penuh

Baca: Stan Pemkot Pontianak Pajang Tugu Khatulistiwa, Ini Produk yang Ada Didalamnya

Satu di antara peserta Joko Samudro pun juga mengatakan bahwa pelatihan kali ini sangat bermanfaat bagi peserta yang hadir. 

Apalagi setelah materi dasar yang didapatkan, kami pun praktek langsung di lapangan tempatnya di Desa Dabong Kecamatan Kubu Kabupaten Kubu. 

"Dengan adanya pelatihan Pemandu Wisata Ekowisata ini, diharapkan wisata yang ada di Kabupaten Kubu Raya dapat menjadi semakin lebih baik, baik itu sarana maupun prasarananya," tutupnya.

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved