Peringati Harganas, Kepala BKKBN Kalbar: Ingatkan Penanaman 8 Fungsi Keluarga

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Kalimantan Barat menggelar upacara Peringatan Hari Keluarga Nasional

Peringati Harganas, Kepala BKKBN Kalbar: Ingatkan Penanaman 8 Fungsi Keluarga
TRIBUNPONTIANAK/YOUTUBE
Suasana Pemotongan Tumpeng Peringatan Hari Keluarga Nasional ke XXVI Tahun 2019 

Peringati Harganas, Kepala BKKBN Kalbar, Kusmana Ingatkan Penanaman 8 Fungsi Keluarga

PONTIANAK - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Kalimantan Barat menggelar upacara Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas).

Harganas diperingati setiap tanggal 29 Juni setiap tahunnya, ini merupakan Harganas ke XXVI. Jajaran pegawai BKKBN Kalbar dalam upacara memperingati menggunakan pakaian khas dari suku yang ada di Kalbar.

Kepala BKKBN Kalbar, Kusmana memimpin upacara peringatan tersebut dan ia menyampaikan bahwa Harganas merupakan ajang untuk menggelorakan dan mensosialisasikan Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dalam mewujudkan bangsa Indonesia yang berkarakter dan sejahtera.

"Pada peringatan Harganas kali ini, bertemakan Hari Keluarga yaitu Hari Kita Semua dengan tagline “Cinta Keluarga, Cinta Terencana” ucap Kusmana saat diwawancarai awak media, Sabtu (29/6/2018).

Baca: Latihan Bebas Terakhir-Marc Marquez Ketiga, Pembalap Yamaha Quartararo Tercepat, Rossi Tercecer

Baca: FOTO: 20 Mobil Hias Menyemarakkan Pawai Taaruf Jelang Pembukaan STQ Nasional ke-25

Baca: Menstrual Cup Pengganti Pembalut Saat Haid, Lebih Higinies dan Hemat!

Pada kesempatan ini, Kusmana menjelaskan ada delapan fungsi keluarga yang harus diterapkan guna membangun keluarga yang unggul, delapan fungsi keluarga tersebit adalah fungsi agama, sosial budaya, cinta dan kasih sayang, perlindungan, reproduksi, pendidikan, ekonomi, dan fungsi pelestarian lingkungan.

Kusmana, mengaku optimis dengan mensosialisasikan delapan fungsi keluarga dan diimplementasikan oleh keluarga-keluarga di Kalbar akan membentuk keluarga yang bersaing, berkualitas dan berdaya guna.

"Tentunya kita ingin momen Harganas ini juga dijadikan momentum kita menanamkan nilai-nilai karakter bangsa, nilai-nilai revolusi mental, perkembangan zaman dan teknologi mempengaruhi karakter bangsa, karakter keluarga dan karakter sumber daya manusia Indonesia sehingga dengan delapan fungsi keluarga ini insyaallah mampu membentuk karakter keluarga sesuai dengan tujuan bangsa kita”, tegasnya.

Setelah pelaksanaan upacara peringatan Harganas ke XXVI, Kusmana juga melepas rombongan jalan darat yang bergerak menuju Banjarbaru, Kalimantan Selatan salam acara Peringatan Hari Puncak Harganas.

Tim yang berangkat menggunakan jalur darat akan menempuh jarak 2.490 Km dan sebagian tim lainnya akan berangkat menggunakan pesawat terbang.

“Sebagian tim roadshow menggunakan jalur darat dengan jarak tempuh 2.490 Km, tim ini memang saya restui karena sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat yang terlewati, mudah-mudahan terinspirasi dan terstimulus adanya Harganas yang dilaksanakan di wilayah Kalimantan ini,"tambahnya.

Pada saat pameran di Banjarbaru nanti, Tim BKKBN akan menampilkan berag produk asli dan khas Kalbar serta Pontianak.

Setiap tahunnya yang menjadi daya tarik adalah olahan Lidah Buaya asal Pontianak. Selain itu, para penjaga stan ditegaskannya akan mengnakan pakaian adat saat melayani para tamu yang berkunjung pada stan BKKBN Kalbar.

Penulis: Syahroni
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved