Ketua Pokja Rumah Demokrasi: Parpol Diharapkan Lahirkan Figur di Pilkada 2020

2020 kita kembali menghadapi pesta demokrasi lokal artinya pasca pilpres partai harus fokus menjaring kader-kader

Ketua Pokja Rumah Demokrasi: Parpol Diharapkan Lahirkan Figur di Pilkada 2020
ISTIMEWA
Ketua Pokja Rumah Demokrasi Kalbar, Zainuddin Kismit.   

Ketua Pokja Rumah Demokrasi: Parpol Diharapkan Lahirkan Figur di Pilkada 2020

PONTIANAK - Ketua Pokja Rumah Demokrasi Zainuddin Kismit mengatakan 2020 kita kembali menghadapi pesta demokrasi lokal artinya pasca pilpres partai harus fokus menjaring kader-kader internal di tingkat lokal untuk bisa meyakinkan masyarakat terhadap pilihannya nanti saat pilkada.

Parpol sebagai salah satu pilar demokrasi tentu harus memberikan banyak pilihan figur calon pemimpin untuk masyarakat.

Jangan kemudian hanya pada golongan-golongan tertentu internal, karena keberhasilan parpol tidak sekedar diukur dari memenangkan pilkada tetapi juga mampu melahirkan figur-figur calon pemimpin lokal maupun nasional. Jika nantinya figur yang di calonkan itu-itu saja maka bisa jadi masyarakat akan jenuh.

Baca: Syarat Mengurus Paspor Selesai Dalam Sehari

Baca: Jadwal & Link Live Streaming Semifinal UEFA U21-Head to Head Jerman Vs Romania

Baca: Membanggakan, RSUD Kota Pontianak Diganjar Publik Services Of The Years 2019

Kelemahan parpol selama ini menjaring figur pemimpin tidak berdasarkan kompetensi hanya berdasarkan kekuatan materil dan jabatan struktural, kita berharap parpol dalam msnjaring figur pemimpin harus ada konvensi calon kepala daerah tujuannya untuk mendapatkan figur pemimpin yang berkompeten dan cakap politik.

Tentu masyarakat selalu menginginkan perubahan di daerah tetapi jika figurnya tidak di jaring dengan baik maka akan berpengaruh pada percepatan pembangunan daerah jika figur tersebut terpilih.

Karena jika hanya sekedar terpilih tetapi figurnya tidak menawarkan gagasan visioner dan program-program segar untuk daerah maka yang ada hanya kinerja-kinerja normatif dan formal yang dijalankan

Untuk itu kita mendorong sekaligus menantang parpol tingkat daerah khususnya di Kalbar untuk melakukan konvensi figur pemimpin daerah, termasuk jika inkamben ingin bertarung kembali maka harus ikut konvensi, dan prosesnya tentu harus terbuka agar publik juga tau.

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved