Desa Caokng Laksanakan Adat Balala, Masyarakat Harus Diam di Rumah Seharian

Desa Caokng Kecamatan Mempawah Hulu, Kabupaten Landak, menggelar acara adat balala, yang mana adat ini digelar lima tahun sekali

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Desa Caokng laksanakan adat balala 

Desa Caokng Laksanakan Adat Balala, Masyarakat Harus Diam di Rumah Seharian

LANDAK - Desa Caokng Kecamatan Mempawah Hulu, Kabupaten Landak, menggelar acara adat balala, yang mana adat ini digelar lima tahun sekali pada Rabu (26/6/2019).

Hadir dalam acara tersebut Kepala Desa Caokng, Bhabinkamtibmas Polsek Mempawah Hulu, pengurus Adat Desa Caokng, dan masyarakat desa caokng.

Secara khusus upacara tersebut sebenarnya menjadi media mempersatukan warga adat di Desa Caokng. Karena dalam melaksanakanya, dihimpun pembiayaan secara mandiri oleh warga.

Kemudian setelah upacara adat, seluruh warga wajib melaksanakan Balala atau berpantang selama satu hari penuh. Tidak boleh masuk kampung, hal tersebut menurut tokoh adat atau panyangahatn sebagai pengantar acara balala.

Baca: Ulang Tahun ke 41, Ketua Ranting Bhayangkari Polsek Mandor Gelar Syukuran

Baca: BREAKING NEWS-Final Mengikat Putusan MK Hasil Pilpres 2019 Live Streaming Kompas TV & TVOne

Baca: POPTI Kalbar Apresiasi Perhatian Provinsi Terhadap Penyandang Thalasemia

Selain itu, tidak hanya lalu lalang warga yang dihentikan, tetapi lebih jauh lagi hal-hal yang tidak baik juga harus di hentikan selama satu hari. .isalnya meminum arak, main judi dan hal negatif lainya.

Kepala Desa Caokng Anus menerangkan, rencananya kegiatan ini akan rutin dilakukan lima tahun sekali. "Kemudian di tempat ritual adat, akan dibangun Dangau Adat untuk melengkapi fasilitas adat Di Desa Caokng," tuturnya

Anggota Polsek Mempawah Hulu Bripka Napoleon disela-sela acara menghimbau kepada masyarakat untuk selalu melestarikan adat budaya. "Serta selalu menjaga kamtibmas yang ada di kecamatan Mempawah Hulu khususnya Desa Caokng," ucapnya (alf).

Penulis: Alfon Pardosi
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved