Sukseskan Swasembada Pangan, Koramil 1202-11 Singkawang Bantu Poktan Bersihkan Gulma

Sukseskan Swasembada Pangan, Koramil 1202-11/Skw Bantu Poktan Bersihkan Gulma

Sukseskan Swasembada Pangan, Koramil 1202-11 Singkawang Bantu Poktan Bersihkan Gulma
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Dalam rangka menyukseskan swasembada pangan nasional yang di programkan oleh pemerintah, 3 orang anggota Koramil 1202-11/Singkawang membantu kelompok petani Sepakat Makmur membersihkan gulma (rumput liar) dikawasan persawahan seluas lebih kurang satu hektar, berlokasi di RT 01, Jalan Bukit Barisan, Kel. Pasiran Kec. Singkawang Barat, Senin (25/6/2019). 

Sukseskan Swasembada Pangan, Koramil 1202-11 Singkawang Bantu Poktan Bersihkan Gulma

SINGKAWANG - Dalam rangka menyukseskan swasembada pangan nasional yang di programkan oleh pemerintah, 3 orang anggota Koramil 1202-11/Singkawang membantu kelompok petani Sepakat Makmur membersihkan gulma (rumput liar) dikawasan persawahan seluas lebih kurang satu hektar, berlokasi di RT 01, Jalan Bukit Barisan, Kel. Pasiran Kec. Singkawang Barat, Senin (25/6/2019).

Komandan Kodim 1202/Singkawang Letnan Kolonel Arm Viktor J.L Lopulalan, S.Sos., menjelaskan, tujuan pendampingan ini dilakukan agar rumput liar tidak memakan pupuk yang diberikan kepada padi. Semakin banyak rumput liar diarea pesawahan maka padi akan lambat untuk berkembang/tumbuhnya.

Baca: Kalbar 24 Jam - Cerita Korban Kawin Kontrak , Pria Hujat Aparat, hingga Sutarmidji Lantik Pejabat

Baca: TERPOPULER - Sutarmidji Lantik 15 Pejabat, Kronologi Kecelakaan Maut, hingga Raffi Ahmad Prank Istri

Baca: Stikes Yarsi Pontianak Jadi Tuan Rumah Lomba Debat Mahasiswa Indonesia Tingkat Provinsi Kalbar

Lanjut Dandim, pembersihan rumput liar atau gulma pada tanaman padi merupakan bagian dari perawatan tanaman padi. Keberadaan gulma ini tidak bisa dibiarkan karena sangat mengganggu tanaman induk (padi) terlebih pada masa pertumbuhan hingga pematangan sangat besar sekali pengaruhnya terhadap penurunan hasil panen. "Kegiatan ini dimaksud untuk mengetahui perkembangan dan kesuburan tanaman serta mewaspadai terhadap penyebaran gulma pada tanaman padi," jelas Dandim.

Dandim menambahkan, agar tanaman padi hidup dan tumbuh sampai dengan hasil baik, ada beberapa faktor yang harus diperhatikan diantaranya, untuk pengairan sawah yang digunakan air berasal dari sungai, di karenakan banyak mengandung lumpur dan kotoran yang sangat berguna bagi kesuburan tanah.

Penulis: Ridhoino Kristo Sebastianus Melano
Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved