Kamu juga Bisa Tahu Hak dan Kewajiban Peserta JKN-KIS Lewat Aplikasi Ini

“Nah jika sudah mengetahui kewajiban-kewajiban tersebut, maka mari kita gunakan hak sebagai peserta JKN-KIS.

Kamu juga Bisa Tahu Hak dan Kewajiban Peserta JKN-KIS Lewat Aplikasi Ini
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Rafiqah

Kamu juga Bisa Tahu Hak dan Kewajiban Peserta JKN-KIS Lewat Aplikasi Ini

PONTIANAK  – Tidak terasa perjalanan program JKN-KIS sudah menginjak tahun ke enam, berbagai upaya dan inovasi terus dilakukan BPJS Kesehatan untuk memberi kemudahan dan kenyamanan bagi peserta.

Satu di antara inovasi yang paling sering digunakan peserta adalah Aplikasi Mobile JKN. Aplikasi multi fungsi yang digunakan untuk mempermudah kamu mengetahui banyak hal tentang Program JKN-KIS, tidak hanya sampai disitu.

Aplikasi ini akan mempermudah kamu menyelesaikan berbagai urusan administrasi, seperti pendaftaran, perubahan data, informasi pembayaran, lokasi fasilitas kesehatan, auto debit, sampai-sampai pengaduan keluhan bisa diakses disini.

Rafiqah (30) atau biasa dipaggil Ika, satu dari jutaan peserta yang telah memanfaatkan keunggulan-keunggulan dari fitur yang ada pada aplikasi yang dapat diunduh pada Playstore atau Appstore ini.

Baca: VIDEO: Sertijab Camat Putussibau Utara

Baca: Putusan MK Diharapkan Akhiri Gejolak Politik

Dan yang tidak kalah penting menurutnya yaitu tentang Hak dan Kewajiban menjadi Peserta JKN-KIS.

“Setiap peserta JKN-KIS harus tahu apa yang menjadi hak dan kewajibannya dong, seperti kita daftar sekolah deh, pasti kewajiban yang harus kita penuhi terlebih dahulu barulah mendapatkan hak kita. Mengapa demikian? Karena dengan mengetahui hak dan kewajiban kita menjadikan kita peserta yang cerdas, jika semua kewajiban telah kita laksanakan dengan baik maka hak-hak kita pun akan kita dapatkan dengan mudah,” tutur Ika.

Salah satu kewajiban sebagai peserta JKN-KIS yaitu membayar iuran tepat waktu, melaporkan data diri beserta anggota keluarga dan melaporkan perubahan-perubahan data yang terjadi misalkan perubahan alamat, pernikahan, kematian, kelahiran, perpindahan fasilitas kesehatan, dan lain-lain.

“Nah jika sudah mengetahui kewajiban-kewajiban tersebut, maka mari kita gunakan hak sebagai peserta JKN-KIS. Seperti asuransi kesehatan pada umumnya peserta JKN-KIS berhak mendapatkan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan, selain itu yang tak kalah penting setiap peserta JKN-KIS berhak menyampaikan keluhan ataupun pengaduan, kritik maupun saran baik secara lisan maupun tertulis kepada BPJS Kesehatan. Semua itu bisa dilakukan dan di akses melalui aplikasi Mobile JKN, jangan lupa segera unduh dan jadilah peserta JKN-KIS cerdas ya,” tutup Ika.

Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved