TRIBUN WIKI

Tahukah Kamu? Ada Pantangan Sebelum Mendaki Gunung Tiong Kandang

Tiong Kandang tepat menjadi sasaran kunjungan selain mengisi hari liburan yang tidak jauh dari Ibu Kota Pontianak ±3 jam.

Tahukah Kamu? Ada Pantangan Sebelum Mendaki Gunung Tiong Kandang
ISTIMEWA/ ABDULLAH SUTARSO
Pengunjung berfoto di Gunung Tiong Kandang 

Tahukah Kamu? Ada Pantangan Sebelum Mendaki Gunung Tiong Kandang

PONTIANAK - Gunung Tiong Kandang merupakan satu diantara kawasan tempat objek wisata alam yang berada di di Dusun Mangkit dan Dusun Mak Ijing dengan jarak ±83 kilometer dari Kabupaten Sanggau.

Abdullah Sutarso, mahasiswa asal Kubu Raya, mengatakan bahwa para pencinta alam yang sedang kebingungan mengisi hari libur, Tiong Kandang tepat menjadi sasaran kunjungan selain mengisi hari liburan yang tidak jauh dari Ibu Kota Pontianak ±3 jam, juga banyak sejarah yang bisa di dapatkan baik itu dari tour guide maupun masyarakat lokal di sana.

Tiong Kandang selain keindahan alamnya yang masih asri, ada beberapa hal yang belum terungkap hingga banyak orang-orang belum mengetahui apa saja pantangan saat mendaki di sana.

Abdullah Sutarso mengatakan Lili, tokoh masyarakat yang menjadi pemandu di ke Gunung Tiong Kandang, menjelaskan larangan atau pantangan sebelum mendaki.

Pantangan yang lebih banyak tertuju pada Kaum Hawa. Apa itu pantangannya?

Baca: Cari Lokasi Wisata Air Terjun di Landak, Ini Riam Dait Tetap Jadi Favorit Untuk Wisata Saat Liburan

“Pertama, kalau wanita sedang berhalangan (menstruasi) tidak diperbolehkan naik, karena bisa fatal jadinya buat dirinya sendiri seperti; sakit-sakitan, kesurupan dan lain-lain” soalnya sudah pernah terjadi kejadian seperti yang tidak diinginkan Kedua, Jangan banyak mulut (atau bicara yang aneh-aneh)," katanya. 

"Ketiga, ada namanya (batu bekasih) yang berada di puncak yang tidak boleh diduduk, tempat simpan barang dan dilanggar karna batu sangat sakral yang akan menyebabkan fatal bagi siapa pun yang melanggar pantangannya, keempat atau yang terakhir, adalah waktu. Saat kita berada di atas, kita tidak boleh terlalu lama maksimal 2 jam saja," timpalnya.

Selain pantangan tersebut tempat yang sakral ini banyak di gunakan bagi orang-orang sebagai tempat untuk menginginkan sesuatu seperti; minta jodoh, minta kekayaan apapun lah itu sesuai keinginannya dengan syarat dia yang menentukan sendiri.

Misal, syarat yang dimaksud ialah, “ketika keinginan saya sudah terkabulkan saya akan datang kembali membawa 3 ekor babi atas ucapan terimakasih”.  Karena keinginannya telah terkabulkan kemudian syarat tersebut diserahkan pada tokoh setempat, dan kemudian untuk dipersembahkan kepada sang leluhur penunggu Gunung Tiong Kandang.

"Jadi bagi siapa pun yang berkunjung, tolong jaga alam kita terutama pantangan-pantangan yang ada jangan sampai dilanggar karena bisa menyebabkan fatal bagi mereka sendiri siapa pun yang mencoba melanggarnya," tutupnya.

Menurut satu diantara wisata lokal, Anggi yang pergi bersama sejumlah rekannya pada Minggu ke Lokasi Gunung Tiong Kandang tidak begitu jauh dari Kota Pontianak hanya memerlukan 3 Jam menuju lokasi dan 3,1/2 jam untuk kita sampai puncak.

"Karena kita tidak diperbolehkan menginap di punca,k maka kita harus menginap terlebih dulu dirumah warga sampai waktu yang telah ditentukan untuk mendaki, dan waktu yang telah ditentukan ialah pukul 03.30 WIB baru boleh melakukan pendakian," ujarnya.

Baca: Keindahan Destinasi Wisaya Air Terjun Gurung Sumpit di Sekadau

Evi yang merupakan bagian dari rekan tersebut juga mengatakan bahwa, untuk siapa pun yang berpegian mendaki ketika di malam hari jangan jauh-jauh dari rekannya apalagi dari pemandunya. 

karena sebagian dari kami karena kelelah kami memutuskan untuk sejenak berhenti menghilangkan rasa lelah, setelah itu kami betul-betul kehilangan jejak. Untung beberapa menit kemudian pemandu kami segera menemukan kami. Kami yang tersesat pada saat itu ada berlima,saya, Zul, Fitri, Abdul, Riski," tutupnya. (*)

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Dian Lestari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved