Menerka Mobil Baru Andalan Mitsubishi di GIIAS 2019

Dalam ajang inilah, Mitsubishi memanen 'durian runtuh' saat memperkenalkan dan menjual mobil Low Multi Purpose Vehicle (Low MPV) andalannya, Xpander

Menerka Mobil Baru Andalan Mitsubishi di GIIAS 2019
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ NUR IMAM SATRIA
PT. Gemilang Berlian Indah yaitu sebagai dealer resmi Mitsubishi yang ada di Kalbar, menggelar acara Merah Putih bersama Mitsubishi Xpander di A.Yani MegaMall Pontianak, yang dimulai dari tanggal 2-5 Agustus 2018. 

Menerka Mobil Baru Andalan Mitsubishi di GIIAS 2019

GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) pernah menjadi momen indah nan bersejarah bagi Mitsubishi di Indonesia. 

Dalam ajang inilah, Mitsubishi memanen 'durian runtuh' saat memperkenalkan dan menjual mobil Low Multi Purpose Vehicle (Low MPV) andalannya, Xpander.

Saat diperkenalkan di GIIAS 2017 lalu, Mitsubishi Xpander terpesan dan terjual sedikitnya lebih dari 5 ribu unit. 

Namun, Mitsubishi Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) selaku APM di Indonesia baru saja selesai "bulan madu" bersama Xpander.

Kini produk yang berada di segmen low MPV itu harus bertarung keras dengan Toyota Avanza untuk menjadi market leader.

Baca: Xpander Laris Manis di Telkomsel IIMS 2019, Teratas di Daftar Penjualan Mitsubishi

Baca: Diekspor ke FIlipina, Mitsubishi Xpander Tuai Keluhan, Tiba-tiba Mati Saat Dipacu 60 Km/Jam

Tak hanya dengan Avanza, Xpander juga harus berbenturan dengan sang adik, Nissan Livina, serta Suzuki Ertiga yang belum lama ini mendapat pembaruan. Segmen low MPV memang sudah sesak, dan Mitsubishi harus bergeser ke segmen lain yang belum digarap dengan baik.

Pada kelas SUV, Pajero Sport mungkin bisa dibilang cukup kokoh, sedangkan di segmen kendaraan niaga ringan (LCV) yang jarang pemain, MMKSI cukup mampu memasukan Triton meski sangat bergantung pada penjualan fleet (borongan).

Kompas.com menjajal SUV terbaru Mitsubishi Eclipse Cross di Okazaki, Jepang.
Kompas.com menjajal SUV terbaru Mitsubishi Eclipse Cross di Okazaki, Jepang. (net/(MMC)/KOMPAS.COM)

Baru-baru ini Mitsubishi Motors Corporation (MMC) sebagai prinsipal menaikan target penjualan secara global sebanyak 5 persen menjadi 1,305 juta unit buat tahun fiskal 2019. Indonesia menjadi tulang punggung penjualan buat pasar Asia Tenggara (ASEAN).

"Target setiap tahun pasti naik, dan kami sudah menyiapkan beberapa strategi untuk menghadapi situasi ini. Salah satunya adalah dengan meluncurkan beberapa produk baru di GIIAS 2019 nanti," jelas Presiden Direktur PT MMKSI, Naoya Nakamura, di Balikpapan, Kalimantan Timur, awal pekan ini.

Baca: Isi Segmen Baru, Mitsubishi di Kalbar Tak Pasang Target Tinggi Jualan Fighter

Baca: Mitsubishi Perkenalkan Truk Terbaru, Berikut Kelebihan Fuso Fighter

Produk apa yang siap untuk diluncurkan? Nakamura belum bersedia memberikan informasi. "Itu masih rahasia," jelas pria asal Jepang tersebut.

Sulit bila mengharapkan ada versi facelift dari Xpander yang sudah dua tahun meluncur di Indonesia atau sejak 2017. Penjualan Xpander masih cukup moncer, meski trennya tidak sekuat saat awal peluncuran.

Triton Absolute
Triton Absolute (ISTIMEWA/NET/KOMPAS.COM)

Rumor yang sempat beredar adalah peluncuran Eclipse Cross yang mengusung mesin 1,5 liter turbo. Model ini bisa jadi hadir sebagai pengganti Outlander Sport yang makin mendekati masa purnabakti.

Baca: Demi Genjot Produksi LMPV Andalannya, Mitsubishi Hentikan Sementara Produksi Pajero Sport

Selanjutnya adalah Triton Absolute yang sudah meluncur secara global pada Maret lalu. Triton punya pangsa pasar yang cukup besar di Indonesia, dan kemungkinan untuk melakukan pembaruan buat model ini pun terbuka lebar.

"Semuanya masih rahasia, yang pasti kami akan meluncurkan bukan hanya satu produk di GIIAS, ada beberapa model baru," jelas Nakamura.

Editor: Ishak
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved