Indonesia Bakal Masuki Booming Lansia, Komite III DPD RI Gelar Uji Sahih RUU Lanjut Usia

Rombongan Komite III DPD RI yang terdiri dari berbagai Dapil di Indonesia menggelar Kegiatan Ini Sahih Rancangan Undang - Undang

Indonesia Bakal Masuki Booming Lansia, Komite III DPD RI Gelar Uji Sahih RUU Lanjut Usia
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/FERRYANTO
Kegiatan Uji Sahih Rancangan Undang Undang Tentang Lanjut Usia, di Fakultas Hukum Universitas Tanjungpura Pontianak, Selasa (25/6/2019) 

Indonesia Bakal Masuki Booming Lansia, Komite III DPD RI Gelar Uji Sahih RUU Lanjut Usia

PONTIANAK - Rombongan Komite III DPD RI yang terdiri dari berbagai Dapil di Indonesia menggelar Kegiatan Ini Sahih Rancangan Undang - Undang Tentang Lanjut Usia, serta Diskusi sosial kesejahteraan lansia bersama dengan para narasumber dan publik di Fakultas Hukum Universitas Tanjungpura Pontianak, selasa (25 /6/2019).

Menurut Abraham Liyanto senator yang berasal dari NTT dalam sambutannya membuka diskusi menyampaikan bahwa UU HAM menyatakan lansia termasuk dalam kelompok rentan yang berhak mendapat perlakuan dan perlindungan sesuai kekhususannya yang dimiliki.

Namun seiring dengan berjalannya waktu dan dinamika masyarakat yang terus berkembang, penanganan terhadap lanjut usia berdasarkan pada UU Kesejahteraan Lanjut Usia sudah dianggap tidak memadai dan relevan sehingga perlu dilakukan perubahan atau bahkan penggantian.

Model penanganan lanjut usia yang menggunakan pendekatan charity base sebagaimana dilakukan saat ini ditengarai telah menyebabkan ketergantungan yang cukup tinggi para lanjut usia kepada pihak lain.

"Untuk saat ini Penanganan terhadap orang lanjut usia dengan pendekatan berbasis hak asasi manusia diyakini menjadi pendekatan yang paling relevan untuk diadopsi dalam peraturan baru,"katanya.

Baca: Terduga Pelaku Tindak Pidana PETI di Sandai Mengaku Baru Akan Bekerja

Baca: Diduga Lakukan Tindak Pidana PETI, Tiga Warga Sandai Diamankan Polisi

Baca: Prediksi Skor Kalteng Putra Vs Bali United Liga 1 2019, Ujian Laga Tandang Pertama Serdadu Tridatu

"Dengan pendekatan saya rasa dapat Menjunjung penghormatan terhadap harkat dan martabat menjadi prinsip utama RUU Perubahan UU Kesejahteraan Lanjut Usia, agar orang dengan lanjut usia dapat hidup mandiri dan inklusif dalam kehidupan bermasyarakat,"imbuhnya.

Kemudian, Anggota DPD RI Maria Goreti menambahkan dalam beberapa tahun kedepan Indonesia akan memasuki Booming Lansia.

"kita akan memasuki namanya Booming lansia. Jadi tahun 2020 mencapai 10 persen kemudian 2030 jadi 20 persen. Ini jumlahnya karena disebut buming juga. Tahun 2050 menjadi 25 persen. Jadi seperempat penduduk Indonesia itu akan mencapai usia lanjut, sementara kita di undang-undang 13 tahun 1998 yang sekarang ini masih berlaku dianggap kurang relevan lagi, dilihat dinamika dan perubahan masyarakat kita sekarang ini."ungkapnya.

Ia menjelaskan, melihat fakta Booming usia lanjut ini, negara yang direpresentasikan oleh dewan daerah harus memikirkan mengantisipasi situasi ini.

Halaman
123
Penulis: Ferryanto
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved