Deteksi Dini Bencana, Pemkot Pontianak Luncurkan Aplikasi SIPD Bencana

Ia menjelaskan aplikasi tersebut sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat untuk memberikan pelayanan tercepat, jika terjadi bencana.

Deteksi Dini Bencana, Pemkot Pontianak Luncurkan Aplikasi SIPD Bencana
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/HAMDAN DARSANI
Foto bersama di sela agenda launching aplikasi SIPD Bencana BPBD Kota Pontianak 

Deteksi Dini Bencana, Pemkot Pontianak Luncurkan Aplikasi SIPD Bencana

PONTIANAK - Pemkot Pontianak melalui BPBD Kota Pontianak melaunchingkan sistem informasi dan peringatan dini (SIPD) bencana Pontianak.

Proses peluncuran aplikasi berbasis android tersebut secara langsung dilakukan oleh Walikota Pontianak Edi Rusdi Kamtono, Senin (24/6/2019)

Walikota Pontianak Edi Rusdi Kamtono menjelaskan aplikasi tersebut nantinya akan memberikan kemudahan kepada seluruh masyarakat kota Pontianak untuk deteksi dini bencana di Kota Pontianak.

"Aplikasi tersebut bisa di dowload di Playstore. Jika aplikasi tersebut di aktifkan di HP dan terjadi bencana secara otomatis aplikasi tersebut akan berbunyi," ujarnya.

Ia menjelaskan aplikasi tersebut sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat untuk memberikan pelayanan tercepat, jika terjadi bencana.

Baca: Idekite Indonesia Siap Kembangkan Aplikasi SIPD Bencana Pontianak

Baca: Karhutla Kembali Mengancam, BPBD Kota Pontianak Gencar Latih Personel Siaga Karhutla

"Aplikasi ini sebagai early warning system kepada masyarakat jika terjadi bencana melalui smartphone yang setiap hari kita pegang," ujarnya.

Aplikasi ini juga memberikan informasi dengan cepat bagi petugas untuk datang lebih cepat di lokasi kejadian. Didalam system aplikasi tersebut juga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mengirim laporan jika disekitar terjadi bencana.

"Misalnya terjadi angin puting beliung, kebakaran, banjir dan lain sebagainya bisa segera melaporkan dan ditanggulangi dengan cepat," ujarnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Kota Pontianak Septiko menjelaskan terdapat tiga menu utama pada aplikasi SIPD.

Halaman
12
Penulis: Hamdan Darsani
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved