Advetorial

Balai Bahasa Kalbar Gelar Lomba Musikalisasi Puisi bagi Siswa SMA, SMK & MA Tingkat Provinsi Kalbar

Lomba Musikalisasi Puisi bagi Siswa SMA, SMK, dan SMK Tingkat Provinsi Kalbar Tahun 2019 yang diadakan oleh Balai Bahasa Kalbar

Balai Bahasa Kalbar Gelar Lomba Musikalisasi Puisi bagi Siswa SMA, SMK & MA Tingkat Provinsi Kalbar
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Kegiatan Lomba Musikalisasi Puisi di Aula Balai Bahasa Kalbar, Jumat (21/06/19). 

Balai Bahasa Kalbar Gelar Lomba Musikalisasi Puisi bagi Siswa SMA, SMK & MA Tingkat Provinsi Kalbar

PONTIANAKLomba Musikalisasi Puisi bagi Siswa SMA, SMK, dan SMK Tingkat Provinsi Kalbar Tahun 2019 yang diadakan oleh Balai Bahasa Kalbar mengalami peningkatan setiap tahun.

Apresiasi anak-anak muda di Kalbar terhadap kegiatan lomba Musikalisasi Puisi patut diacungi jempol karena ketertarikan dan kepedulian mereka terhadap sastra saat ini terbilang meningkat secara signifikan.

Dari yang sebelumnya peserta lomba hanya berasal dari 4 kabupaten, sekarang terdapat 5 kabupaten dan kota dengan perwakilan masing-masing 1-2 tim yang berpartisipasi.

Musikalisasi Puisi memiliki keunikan tersendiri terutama dalam mengapresiasi karya sastra, dua poin utama dalam mengapresiasikan karya jenis ini, diantaranya memahami makna puisi dan menyelaraskannya dengan aransemen musik yang sesuai.

Kepala Balai Bahasa sebagai Juri dari Lomba Musikalisasi Puisi saat diwawancari pada Jumat (21/05/19).
Kepala Balai Bahasa sebagai Juri dari Lomba Musikalisasi Puisi saat diwawancari pada Jumat (21/06/19). (TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA)

Terdapat dua puisi yang dibawakan oleh para peserta lomba Musikalisasi Puisi untuk tahun ini, pertama puisi wajib merupakan puisi berjudul “Ibu” karya KH D Zawawi Imron dan puisi yang kedua terdapat enam puisi pilihan, dapat dipilih satu saja oleh peserta lomba.

Kriteria pemenang ditentukan oleh lima aspek, yaitu: penafsiran puisi, komposisi musikal, keselarasan, vokal dan penampilan.

Untuk aspek yang pertama, penafsiran puisi memiliki kontribusi poin paling tinggi yaitu sebesar 30%, peserta lomba terdiri dari empat sampai lima orang, harus bekerja sama dalam memahami dan menafsirkan puisi yang dibawakan.

Baca: TERPOPULER - Juraidah Cerita Peristiwa Nahas Perahu Tenggelam, Copa America, hingga Kabar ILC TVOne

Baca: Daftar Tim Lolos Perempat Final Copa America 2019: Brazil, Kolombia dan Peru Menunggu Lawan

Baca: FOTO: Warga Bersantai di Jembatan yang Menghubungkan Waterfront di Taman Alun Kapuas

Aspek yang kedua, komposisi musikal tentunya harus mendukung makna puisi, serta berkaitan dengan aspek ketiga yaitu keselarasan musik, vokal dan aransemen yang dibawakan.

Untuk aspek yang keempat, vokal yaitu kejelasan penyebutan tiap kalimat (artikulasi) pada saat peserta lomba menyampaikan puisinya dan aspek terakhir adalah penampilan.

Foto Bersama Peserta Lomba Musikalisasi Puisi di Aula Balai Bahasa Kalbar, Jumat (21/05/19).
Foto Bersama Peserta Lomba Musikalisasi Puisi di Aula Balai Bahasa Kalbar, Jumat (21/05/19). (TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA)

Pemenang 1 diraih dan dimenangkan oleh SMAN 1 Pontianak.
Pemenang 2 SMAN 3 Pontianak.
Pemenang 3 SMAN 1 Singkawang.

Kemudian, Pemenang 4 – 6 dimenangkan oleh SMK Kristen Immanuel II Pontianak, SMAN 1 Pontianak, dan SMAN 1 Bengkayang.

Aminulatif, S.E., M.Pd., Kepala Balai Bahasa Kalbar menyampaikan harapannya terutama untuk anak-anak muda di Kalbar, “Kami berharap anak-anak muda Kalbar dapat menjadi pionir dalam mengapresiasikan sastra, khususnya sastra lokal.”

“Sebenarnya, kemampuan dalam mengapresiasi suatu karya sastra dapat menjadikan kita lebih bijaksana dalam menjalani kehidupan, maka demikian anak-anak muda yang sudah terbiasa menekuni karya sastra, biasanya memiliki tingkat kepekaan dan kepedulian yang lebih tinggi terhadap lingkungan sekitarnya,” tutup Aminulatif, Jumat, 21/06/19.

Selamat kepada para pemenang Lomba Musikalisasi Puisi Tingkat Provinsi Kalbar 2019! (Adv/Anggita)

Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved