Antusiasme PPDB Tahun 2019 di Pontianak, Orang Tua Siswa Rela Mengantre Sejak Dini Hari

Hari pertama PPDB dibuka sampai saat ini sudah banyak siswa yang mendaftar dari jalur zonasi. Sedangkan jalur mutasi dan prestasi hanya puluhan saja.

Antusiasme PPDB Tahun 2019 di Pontianak, Orang Tua Siswa Rela Mengantre Sejak Dini Hari
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ANGGITA PUTRI
Suasana Antrian PPDB hari pertama di SMAN 1 Pontianak pada pagi hari, senin (24/6/2019) 

Antusiasme PPDB Tahun 2019 di Pontianak, Orang Tua Siswa Rela Mengantri Sejak Dini Hari

PONTIANAK - Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun ajaran 2019/2020 twlah dibuka pada hari ini, senin (24/6/2019).

Humas PPDB SMA N 1 Pontianak, Aris Widodo mengatakan untuk hari ini saja SMA N 1 Pontianak sudsh menghabiskan 700 lebih nomor antrian dari pukul 08.00 sampai 10.00 WIB.

Sementara untuk antrian berikutnya karena sudah kehabisan nomor antrian, jadi pihak panitia tidak lagi menggunakan nomor antrian melainkan langsung mengantri saja untuk mengambik formulir yang juga harus ditambah untik hari ini.

"Kami akan tetap menampung berapapun peserta yang ingin mendaftar dan mengikuti aturan pembukaan untuk PPDB ini yang dimulai dari 24 sampai 26 Juni dari pukul 08.00 -14.00 WIB," ujar Aris kepada Tribun Pontianak.

Hari pertama PPDB dibuka sampai saat ini sudah banyak siswa yang mendaftar dari jalur zonasi. Sedangkan jalur mutasi dan prestasi hanya puluhan saja.

Baca: PPDB di SMAN 1 Putussibau Terapkan Sistem Zonasi, Gunakan Aplikasi Google Maps

Baca: PPDB di Ketapang Terapkan Sistem Zonasi, Komunitas Perahu Edukasi Soroti Hal Ini

Ia mengatakan untuk daya tampung SMA N 1 Pontianak tahun ini akan menerima sebanyak 417 siswa .

"Harapannya kami sebagai panitia PPDB semua proses yang berlangsung di PPDB SMA N 1 Pontianak semua proses pendaftaran yang berlangsung dengan baik. Karena kita melaksanakan dengan transparan dan sangat fleksibel sehingga kita berharap proses berjalan dengan baik," ujarnya.

Bahkan pihak panitia PPDB memberikan kesempatan akses kepada orang tua untuk langsung menyaksikan proses penginputan data dan menentukan titik kordinat lokasi tempat tinggal.

Baca: Disdik Ketapang Akan Awasi Penerapan Sistem Zonasi dalam PPDB 2019

Baca: Orangtua Siswa di Sintang Tidak Setuju PPDB dengan Sistem Zonasi

"Sehingga sangat transfaran sekali dan mereka ikut masuk keruangan input data, jadi tidak ada kecurigaan," ujarnya.

Ruangan yang digunakan untuk proses PPDB yaitu 3 ruang untuk mengisi pendaftaran, sementara ruang verifikasi ada 5.

"4 ruangan untuk jalur zonasi ,1 ruangan untuk jalur prestasi dan mutasi dan ditambah 1 ruang untuk ruang input data," jelasnya.

Jadi pada prinsipnya sudah ada panitia yang membantu, tetapi semua itu akan terlaksana dengan baik apabila slaing bersinergi.

Antara semua warga yang ada di SMA N 1 Pontianak dalam hal ini dari siswa dan melibatkan osis untuk mendistribusikan nomor urut antrian pendaftaran dan juga memberikan informasi seluas-luasnya kepada orang tua yang belum paham terkait dengan apa yang harus dilengkapi ketika medaftar kesini.

"Sebelum jam 6 pagi antrian sudah ramai sekali hingga ratusan orang teelihat memenuhi di depan pagar. Namun tetap membuka loket pengambilan formulir pukul 08.00, tetapi pembagian nomor urut antrian itu kami awal pada pukul 07.00 karena melihat antusias peserta dan orang tua jadi kami lebih fleksibel sehingga orang tua bisa istrahat," pungkasnya.

Penulis: Anggita Putri
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved