TRIBUN WIKI

Komunitas Viking Khatulistiwa, Cinta Mati Persib Bandung

Sebagai pecinta sepakbola Tanah Air, Komunitas Viking Khatulistiwa Persib Bandung, selalu siap menggemakan komunitasnya di seluruh Indonesia.

Komunitas Viking Khatulistiwa, Cinta Mati Persib Bandung
ISTIMEWA
Komunitas Viking Khatulistiwa 

Komunitas Viking Khatulistiwa, Cinta Mati Persib Bandung

PONTIANAK - Sebagai pecinta sepakbola Tanah Air, Komunitas Viking Khatulistiwa Persib Bandung,  selalu siap menggemakan komunitasnya di seluruh Indonesia.

Ketua komunitas, Tongki mengatakan bahwa ia bersama rekan lainnya dengan bersungguh-sungguh mendukung kemenangan tim sepak bolanya Persib Bandung agar bisa menjadi pemenang.

Dia menyatakan itu kepada Tribun Pontianak di Kedai Secangkir Kopi, yang mana menjadi tempat nongkrong mereka ataupun berkumpul untuk saling bersilaturahmi sebagai sesama fans Persib Bandung.

Baca: Rayakan Hari Jadi, Viking Khatulistiwa Baksos ke Panti Asuhan Nurul Imam

Tongki mengatakan, nama Viking dibentuk dari suatu suku bangsa di Skandinavia berprofesi sebagai pedagang, peladang, dan paling terkenal sebagai perompak (seringkali setelah gagal berniaga) yang di antara tahun 800 dan 1050 menjarah, menduduki dan berdagang sepanjang pesisir, sungai dan pulau di Eropa.

Maka dari itu, Komunitas Viking Khatulistiwa mengambil nama mereka sebagai peradaban baru untuk menjadi sebuah komunitas yang kuat dan selalu bersinergi dalam mendukung kemenangan tim sepak bola kesayangannya. 

Tidak sampai disitu, nama Viking bagi Tongki juga memiliki kesamaan seperti orang Sunda. Yaps, Viking Khatulistiwa kebanyakan adalah orang Sunda dan orang Sunda yang suka menjelajah serta berusaha mandiri untuk memenuhi kehidupan pribadinya.

Tidak heran, karakter dari orang Skandinavia merupakan orang yang gigih, militan serta patriotisme juga diungkapkan Tongki untuk meniru karakter mereka yang bisa menjadi tuntutan dalam mengais rezeki di daerah orang lain.

Kehidupan yang loyal serta jiwa penakluk, masih menjadi alasan utama bagi Komunitas ini untuk pantang menyerah saat jauh dari keluarga.

Secara nasional, Viking Khatulistiwa adalah distrik dari Persib Club. Viking Khatulistiwa juga sudah dikukuhkan dengan legal untuk menjadi sebuah komunitas.

Komunitas ini juga dilegalkan pada 15 April 2015 (4 tahun berdiri di Pontianak). Khatulistiwa sendiri merupakan khas Kalbar yang sengaja dibuat namanya agar tidak menghilangkan unsur dari Kalimantan Barat itu sendiri.

Baca: Jelang Persib Vs Persija, Viking Khatulistiwa Wajibkan Anggota Nobar

Pada awalnya, Komunitas ini sebagai wadah perkumpulan orang-orang Sunda yang merantau ke Kalbar. Dan yang ikut juga masih puluhan orang. Namun, berjalannya waktu komunitas ini semakin berkembang dan terus bertambah.

Tongki sendiri menyebutkan, komunitas Viking juga lebih di dominasi oleh masyarakat Kalbar khusunya Pontianak. Yang ikut bergabung juga beragam, seperti anak sekolah, para pekerja, dan juga orang-orang Sunda yang merantau ke sini.

Sebanyak lebih dari 250 orang member sudah tercatat di komunitas ini. Pada setiap tahunnya, Komunitas Viking akan selalu ada pemutihan untuk melihat member-member mana saja yang aktif dan tidak aktif kembali. (*)

Penulis: Maudy Asri Gita Utami
Editor: Marpina Sindika Wulandari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved