Hadiri Gawai Adat Dayak Mualang Desa Maboh Permai, Ini Harapan Wabup Aloysisus

Ia mengatakan Gawai Dayak sebagai adat budaya akan terus menjadi perhatian pemerintah Sekadau.

Hadiri  Gawai Adat Dayak Mualang Desa Maboh Permai, Ini Harapan Wabup Aloysisus
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Masyarakat suku Dayak Mualang Desa Maboh Permai kecamatan Belitang merayakan Gawai Adat Berkat Benih -IV tahun 2019, minggu (23/6) 

Hadiri  Gawai Adat Dayak Mualang Desa Maboh Permai, Ini Harapan Wabup Aloysisus

SEKADAU - Masyarakat suku Dayak Mualang Desa Maboh Permai kecamatan Belitang merayakan Gawai Adat Berkat Benih -IV tahun 2019. Gawai Adat Dayak dipusatkan di Pasar Rakyat desa Maboh Permai kecamatan Belitang mengusung tema "Melalui Gawai Dayak Kita Ciptakan Persaudaraan Yang Erat Antar Sesama Manusia dan Menjunjung Tinggi Kebudayaan Sebagai Pedoman Hidup Bermasyarakat, Minggu (23/6)

"Kegiatan Gawai Adat merupakan tradisi dan kebudayaan tahunan suku Dayak sebagai wujud syukur atas panen padi di desa Maboh Permai," ujar, Wakil Bupati Sekadau Aloysius, saat mengahdiri Gawai adat Dayak di Maboh Permai.

Baca: Dorong Perekonomian Masyarakat, Bupati Nasir Minta Manfaatkan Dana Desa

Gawai Adat Dayak dibuka langsung oleh Wakil Bupati Sekadau Aloysius, SH, M.Si ditandai dengan pemukulan gong yang disaksikan tamu undangan beserta masyarakat desa Maboh Permai.

Wakil Bupati mengapresiasi kepada panitia yang telah mengelar acara ini baik dari persiapan hingga pelaksanaan pada hari ini. 

"Terimakasih juga diberikan kepada para pihak yang turut membantu pelaksanaan Gawai Dayak di desa Maboh Permai. Sehingga pelaksanaan gawai dayak ini dapat berjalan dengan baik," katanya. 

Ia mengatakan Gawai Dayak sebagai adat budaya akan terus menjadi perhatian pemerintah Sekadau. 

Baca: Senin Buka PPDB, Dinas Pendidikan Kalbar Terapkan Sistem Zonasi Berkeadilan

Baca: PPDB 2019 Kuota Jalur Prestasi Ditambah 15 Persen, Fuji Rahayu: Tambah Peluang Siswa Berprestasi

"Kedepan selain dilaksanakan pekan Gawai Dayak di tingkat desa juga akan diadakan tingkat kecamatan dan kabupaten tahun 2019," tuturnya. 

Kades Maboh Permai Sebastian juga menyampaikan terimakasih kepada Wakil Bupati Sekadau berserta rombongan yang telah hadir dalam pembukaan Gawai Dayak di desa kami.

"Terimakasih juga kepada Camat Belitang, Danramil serta Kapolsek yang telah mendukung kegiatan ini sehingga berjalan lancar, aman dan kondusif," tuturnya. 

Kades mengatakan bahwa sinergi pemerintah Desa Maboh Permai dengan aparat keamanan dari Polsek maupun Koramil sangat dekat. Bahkan di desa Maboh Permai sendiri diakuinya terdapat ruangan Bhabinkamtibmas satu atap dengan kantor desa Maboh Permai.

"Kegiatan ini bisa berjalan aman dan lancar juga berkata Sinergitas jajaran polsek maupun koramil. Karena itu hubungan baik ini terus kami upayakan untuk tetap terjalin," katanya

Penulis: Try Juliansyah
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved