Warga Mempawah Gempar, Akun Facebook Ria Norsan Minta Sumbangan Dana, Ternyata Penipuan

Media sosial seperti facebook memang kerap kali dimanfaatkan oleh oknum tak bertanggung jawab untuk melakukan penipuan

Warga Mempawah Gempar, Akun Facebook Ria Norsan Minta Sumbangan Dana, Ternyata Penipuan
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Screenshot inbox akun facebook kloningan atas nama Wakil Gubernur Kalbar, Ria Norsan. 

Warga Mempawah Gempar, Akun Facebook Ria Norsan Minta Sumbangan Dana, Ternyata Penipuan

MEMPAWAH - Media sosial seperti facebook memang kerap kali dimanfaatkan oleh oknum tak bertanggung jawab untuk melakukan penipuan dengan berbagai modus.

Penipuan bisa saja dilakukan dengan cara diretas maupun akun kloningan dengan nama dan foto profil yang sama.

Seperti yang terjadi di Kabupaten Mempawah saat ini sedang gempar dimana sejumlah orang mendapat pesan facebook dari Wakil Gubernur Kalbar, Ria Norsan yang meminta sejumlah uang untuk sumbangan dana untuk anak-anak panti asuhan.

Satu diantara warga, Dian Sastra mengaku mendapat pesan facebook dari akun kloningan Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Ria Norsan.

Baca: Sedang Berlangsung Link Live Streaming Babak Kedua PSS Sleman Vs Bhayangkara FC, Tim Tamu Unggul 0-1

Baca: Cari Toko Perlengkapan Bayi di Pontianak? Ini 5 Alamatnya  

Baca: Momen V BTS Berusaha Menjadi Lucu dengan Kacamata Konyolnya

"Karena saya tahu itu bukan akun facebooknya pak Norsan jadi saya berusaha mengkonfirmasi kepada orang-orang yang mendapat inbox bahwa itu adalah modus penipuan," ujarnya, kepada Tribun, Jumat (21/6/2019).

Dian menceritakan, awalnya akun kloningan tersebut mengirimkan pesan dengan ucapan Assalamualaikum, kemudian menanyakan kabar.

"Karena pesan itu berasal dari akun facebook bernama Ria Norsan, saya kira benaran, saya jawab saja baik, dan balik bertanya ada apa, kemudian dia jawab sedang mengadakan acara penggalangan dana untuk membantu anak-anak yatim," ujarnya.

Akun kloningan tersebut meminta partisipasi calon korbannya untuk mengirimkan sejumlah uang dengan cara mengirim via transfer rekening.

"Saya tanya bagaimana caranya partisipasi, dia kasih nomor rekening Bank atas nama Nauli Kharisma, dan saya minta nomor Wa sebagai konfirmasi transfer dikasihnya nomor 081271386650," ujarnya.

Karena merasa sudah tahu itu adalah modus penipuan Dian Sastra berupaya menyebarkan kepada warga yang melaporkan mendapat inbox serupa bahwa itu adalah modus penipuan.

Penulis: Ya'M Nurul Anshory
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved